PALEMBANG | Populinews.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa merotasi pejabat di eselon II, Jumat (1/3/2024). Sebanyak 14 pejabat tinggi pratama setingkat kepala dinas menduduki posisi baru.

Mereka yang dilantik adalah Rudi Indawan menjabat staff ahli Wali Kota Palembang Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Investasi. M. Raimon Lauri dari kepala dinas perdagangan menjadi Kepala Badan Pendapatan Daerah.

Riza Pahlevi yang sebelumnya di Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjadi Kepala Kesbangpol, menggantikan Ahmadi Damrah yang ke Staff Ahli Wali Kota Bidang Keuangan, Pendapatan Daerah, Hukum & HAM.

Isnaini Madani dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ke Kepala Dinas Perdagangan kota Palembang. Posisi Isnaini digantikan Edison, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kominfo. Posisi kepala dinas yang lowong di Kominfo sementara diisi Plt, Adi Zahri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) KM. Sadruddin Hadjar digeser ke Staff Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Sosial, dan Kemasyarakatan

M. Affan Prapanca dari Kepala Dinas Perkimtan ke Dinas Kebudayaan bertukar posisi dengan Agus Rizal. Altur Febriansyah dari Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) ke Dinas PPPA.

Herly Kurniawan dari Kepala Bapenda dirotasi ke Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.
Zanariah dari sebelumnya staff ahli Wali Kota menjadi Kepala DPPKB.

Heri Aprian dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palembang. Asisten I Yanurpan Yany menjadi Kepala BKPSDM.

Pj Wali Kota Palembang, Drs. H. Ratu Dewa, M. Si menyampaikan, roling jabatan ini jangan dijadikan sebuah hukuman namun amanah untuk membantunya memimpin Palembang.

“Para pejabat harus berinovasi, menyentuh langsung masyarakat terutama isu kemiskinan 12.812 Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), benar-benar disentuh terutama di Gandus, Kertapati dan SU 2,” kata Dewa usai melantik para pejabat eselon II, di Ruang Parameswara.

Dewa melanjutkan, rotasi jabatan juga menyangkut soal program andalannya sebagai Pj Wali Kota Palembang, yakni program perwajahan atau etalase Kota Palembang.

“Kinerja mereka sudah cukup baik selama ini, hanya perlu optimalisasi sehingga dilakukan roling jabatan ini,” ujar Dewa.

Ia menambahkan, selain kemiskinan, stunting dan inflasi juga harus jadi perhatian dan fokus pejabat yang baru dilantik. Begitu juga terakhir infrastruktur seperti jalan, drainase.

“Anggaran pemeliharaan sudah ditingkatkan. Tolong keliling, jalan – jalan rusak segera ditambal, parit tinggi sedimen di selesaikan, termasuk pelebaran parit, dan lain-lain. Masyarakat tidak mau tahu. Tahunya mereka jalan bagus, tidak banjir, dan lain-lain. Maka kita yang harus pro aktif,” kata Dewa pula.

Pun soal lampu jalan jadi PR untuk kadis baru. Taman yang jumlahnya lebih dari 200 itu juga termasuk untuk diperhatikan.

“Silahkan keliling agar lampu jalan terang benderang, karena anggaran kami tingkatkan, taman coba dipercantik,” imbuh Dewa.

Untuk BKPSDM, Dewa meminta agar integritas pegawai tetap ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkimtan Agus Rizal, mengatakan, untuk tugasnya yang baru cukup banyak PR seperti yang tadi di sampaikan Pj Wali Kota Palembang dalam arahannya.

“Kaitan lampu jalan, kemudian penataan taman. Langkah awal kami akan lakukan koordinasi di internal Untuk mengetahui data dan permasalahan lampu jalan ini,” ujar Agus.

Kemudian, tentu berkoordinasi dengan pihak lain, seperti PLN apakah lampu yang rusak ini jaringan nya, atau apa.

“Kita nanti juga akan coba keliling di malam hari untuk melihat mana – mana saja lampu yang mati. Termasuk soal penataan taman. Yang sudah baik akan kita tingkatkan, yang perlu ditata, kita tata.” (st/hms)