PALEMBANG | Populinews.com – Pj Gubernur Sumsel menerima penghargaan sebagai pejabat publik yang Peduli Pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum PWI, Hendry CH Bangun kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni pada acara Pelantikan Pengurus PWI Sumatera Selatan, Pengurus Dewan Kehormatan (DK) PWI Sumsel, dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) masa bakti 2024-2029, di Griya Agung Palembang, Senin (25/3/2024).

Pelantikan ini mengusung tema “Pers Merdeka, Profesional, Demokrasi Bermartabat”.

Fatoni mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini yang dilaksanakan sekaligus tiga kepengurusan. “Saya baru pertama kali menyaksikan pelantikan seperti ini dan ini baru terjadi di PWI, ini perlu dicontoh dan ditiru karena menunjukan kekompakan, kekeluargaan dan membuat kita damai,”ujarnya.

Menurutnya, kekompakan akan membentuk rasa kekeluargaan semakin erat sehingga tugas-tugas nanti dilaksanakan dengan mudah. Kegiatan ini menunjukan hubungan harmonis dalam internal PWI.

“Terima kasih kepada PWI dan para wartawan di Sumsel yang sudah membantu dalam menjaga iklim kondusif di Sumsel. Selamat atas pelantikannya kepada PWI Sumsel, DK PWI, dan IKWI Sumsel, semoga dimudahkan dalam menjalankan tugas,”katanya.

Fatoni berkomitmen untuk menjaga prestasi-prestasi yang telah ditorehkan oleh wartawan di Sumsel. Serta capaian-capaian lainnya yang merupakan hasil kerjasama semua pihak.

“Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan PWI. Ini tentu menjadi amanah dan tekad untuk terus memajukan Indonesia. Bersinergi memajukan bangsa dan negara melalui pers, ” Pungkasnya.

Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi, ST berterima kasih atas dukungan Pemprov Sumsel dan PWI Pusat atas terlaksananya kegiatan ini. Ia juga berkomitmen akan mengemban amanah sebagai ketua PWI Sumsel dengan baik.

Diungkapnya di tahun 2024 ini PWI Sumsel bekerjasama dengan berbagai pihak akan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan total 26 kelas untuk peningkatan status serta meningkatkan kompeten dan profesional wartawan Sumsel dalam menjalanakan tugas.

Dalam kesempatan itu, dilantik sebagai Ketua DK PWI Sumsel, H. Ocktap Riyadi, SH., dan Ketua IKWI Sumsel, Helmawati. Serta juga dilakukan Penandatangan MoU kerjasama pendidikan antara PWI Sumsel dan Stisipol.

Dan dilakukan penyerahan anugerah PWI dengan kategori perusahaan peduli pers, Tokoh masyarakat peduli pers, pengacara peduli pers, dan tokoh pemuda peduli pers.

Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, Dr. Hj. R. A. Anita Noeringhati, Ketua Umum PWI, Hendry CH Bangun, ketua PWI Sumsel periode 2018-2023, Dr. H. Firdaus Komar, Spd., M. Si.,Para Bupati Walikota se-Sumsel,Para Kepala OPD Sumsel dan para ketua PWI kab/kota se-Sumsel. (agt/hms)