PALEMBANG | Populinews.com – Guna memantau ketersediaan stok pangan sekaligus keamanan pangan di bulan suci Ramadhan serta Jelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Ir. H. Gunawan, M.TP bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) gelar sidak di sejumlah supermarket di kota Palembang, Senin 1 April 2024.

“Ada dua pasar modern yang kita datangi, yakni pasar Foodmart Supermarket PIM serta Transmart Jalan Radial Palembang,” kata Pj Sekda Palembang, Ir. H. Gunawan, M.TP

Dijelaskan Gunawan, dalam sidak tersebut, dirinya sengaja melakukan peninjauan kondisi barang, harga, ketersediaan stok serta keamanan produk itu sendiri.

“Alhamdulillah setelah kita periksa di dua tempat ini, tidak ada yang bermasalah ataupun berbahaya,” ujarnya.

Masih dikatakannya, terkait harga sendiri, Gunawan menjelaskan bahwa saat ini kondisi harga masih tetap stabil.

“Malahan kalau daging, di sini lebih rendah dari pasar tradisional. Di sini 130 ribu perkilo, kalau di pasar tradisional sudah mencapai hampir 140 ribu. Jadi harga itu masih tahap wajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Balai Besar POM Palembang, Tedy Wirawan nenyebutkan, bahwa dari seluruh sempel yakni di Foodmart dan di Transmart, pihaknya tidak menemukan pangan yang mengandung bahan yang bebahaya.

“Tadi yang kami uji ada ikan asin, cincau ataupun tahu, Alhamdulillah hasilnya sudah kita syukuri semuanya negatif dari bahan berbahaya. Hanya saja kita tadi menemunkan satu produk gula yang sobek kemasannya. Tetapi itu hanya satu kemasan dan satu produk,” tutupnya. (st/hms)