MUARA ENIM | Populinews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. Yulius, M.Si., menghadiri apel gelar pasukan operasi ketupat tahun 2024 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 hijriah yang dipimpin langsung oleh Kapolres Muara Enim, AKBP. Jhoni Eka Putra, S.H., S.I.K., M.M., di Halaman Mapolres Muara Enim, Rabu (3/4/2024).

Sesuai dengan himbauan Kapolri yang disampaikan Kapolres, Sekda mengajak masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik agar mempersiapkan kesehatan dan kebugaran fisik, serta menghimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari kemacetan dari puncak arus mudik.

Adapun apel yang digelar serentak dan diikuti ratusan personel terdiri dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Sat-Pol PP, BPBD serta Damkar tersebut sebagai komitmen nyata sinergitas pemerintah daerah, TNI-Polri serta stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Untuk itulah, Sekda mengharapkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan agar melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin guna mendukung kelancaran arus mudik dan hari raya lebaran nanti.

Sementara Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., menambahkan Pemkab. Muara Enim telah mempersiapkan rencana khusus guna mendukung kelancaran arus mudik terutama diperlintasan kereta api diwilayah Kabupaten Muara Enim yang rawan terjadi kemacetan dengan menerapkan pemberhentian operasional kereta api selama 1 jam setiap 3 jam operasional.

Pj. Bupati menegaskan telah berkoordinasi dengan PT. KAI Divre III Palembang demi mengurangi tingginya mobilitas angkutan kereta api yang dapat menganggu kelancaran arus mudik di Kabupaten Muara Enim. (fachri)