PALEMBANG | Populinews.com – Guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumsel Agus Fatoni meninjau sejumlah titik Posko pelayanan lebaran tahun 2024. Selain itu, dirinya juga membagikan bantuan sembako kepada masyarakat di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (9/4/2024).

Fatoni meninjau tiga posko secara bergantian, yaitu Posko Bundaran Air Mancur, Posko yang berlokasi di Jakabaring dan terakhir di Simpang Lima DPRD. Di sana, dirinya mengecek kesiapan petugas kesehatan dan personel kepolisian yang dilanjutkan dengan membagikan sembako kepada masing-masing petugas posko pengamanan.

Berdasarkan pantauannya malam ini, Fatoni menyebut aktifitas masyarakat pada malam lebaran sangat lancar dan terkendali. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Sumsel sangat menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing.

Fatoni mengakui aktifitas masyarakat di malam hari lebaran lancar dan terkendali, menurutnya, hal ini sebagai bukti masyarakat Provinsi Sumsel tetap menjaga kondusifitas daerah.

“Hari ini Saya meninjau ke lapangan, memonitor situasi di seputaran Palembang, melihat situasi keamanan, lalu lintas, dan aktifitas masyarakat. Alhamdulillah sepertinya karena situasi hujan tidak ada iring-iringan tidak ada pawai dan semuanya terkendali. Ini juga menjadi bukti masyarakat kita tetap menjaga kondusifitas,” kata Fatoni.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik. Hal ini diwujudkan melalui tersedianya Pos Pelayanan Lebaran di berbagai titik dengan personel yang terdiri dari TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, Dinkes dan BPBD.

Fatoni berharap hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang situasi tetap kondusif. Dia juga meminta kepada petugas untuk tetap waspada jika ada hal-hal yang menganggu kenyamanan masyarakat.

“Alhamdulillah dari tiga pos yang kita cek, situasi dan kondisi aman. Saya harap masyarakat bisa memonitor dan bisa melihat jalan- jalan mana yang akan dilalui melalui posko ini. Kami juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga iklim yang kondusif. Mudah-mudahan masyarakat tetap nyaman dan sampai H+7 nanti kita harapkan tetap terkendali,” ucap Fatoni.

Tak ketinggalan Fatoni juga memberikan semangat kepada seluruh petugas yang telah disiagakan di posko masing-masing.

“Pada malam ini kita keliling untuk memberikan support kepada semua personel untuk semangat dan menjaga wilayah nya dengan baik,” ujarnya. (agt/hms)