PALEMBANG | Populinews.com – Petugas imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Manusia (Kanwilkumham) Sumatera Selatan disiagakan untuk melayani jamaah calon haji asal Sumatera Selatan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya mengatakan, Jemaah Haji tahun 1445 H / 2024 M Kloter 1 Embarkasi Sumatera Selatan asal jemaah Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin telah diberangkatkan Minggu (12/5) dini hari.

Pada keberangkatan kloter 1 Embarkasi Palembang dengan no penerbangan SV5795 ini berjumlah 450 orang, dengan rincian jemaah haji laki-laki 241 orang dan jemaah haji wanita 209 orang.

“Paspor jemaah haji kloter 1 di terima dari Kemenag sebanyak 450 paspor. Setelah proses pelayanan keimigrasian di Asrama Haji Kota Palembang selesai, jamaah tiap kloter diberangkatkan menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Kota Palembang”, kata Kakanwil.

Ilham Djaya memastikan, pemberian cap keberangkatan paspor jamaah haji serta pemeriksaan paspor/entry data perlintasan jemaah haji melalui sistem BCM dilaksanakan dengan cepat dan teliti.

“setelah Penyerahan paspor kepada jemaah haji, dilanjutkan dengan pemeriksaan barang bawaan jemaah haji yang dilaksanakan oleh petugas Angkasa Pura dengan menggunakan X-ray”, lanjutnya.

Jamaah haji kloter 20 diberangkatkan dengan Bus sejumlah 11 Bus dari asrama haji Kota Palembang menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di dampingi petugas imigrasi.

Disampaikan Kakanwil bahwa secara umum tidak ada yang berbeda terkait SOP Keimigrasian yang diterapkan dalam pelayanan jamaah calon haji. Namun secara khusus, karena ini merupakan ibadah haji, maka pihaknya berupaya memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan. (hms)