PALEMBANG | Populinews.com – Saat kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Sumatera Selatan tepatnya Kabupaten Mura, Muratara dan Kota Lubuk Linggau, Kamis (30/5/24) lalu, banyak aspirasi yang disampaikan. Antara lain masalah layanan pasokan listrik yang kurang memadai di RSUD Rupit khususnya dan Kabupaten Muratara umumnya.

Saat itu dengan spontan, Presiden Jokowi langsung menelepon Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo agar dapat segera menyelesaikan masalah layanan pasokan listrik di Kabupaten Muratara.

Tak menunggu lama, Sabtu (1/6/24) Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo langsung menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi tersebut dengan mengadakan inspeksi ke RSUD Rupit untuk mencarikan dan memberikan solusi.Yaitu memastikan peningkatan kualitas dan keandalan pasokan listrik, tidak hanya untuk RSUD Rupit tetapi untuk seluruh wilayah Musi Rawas Utara.

Dalam keterangan tertulisnya, Darmawan mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan dan memetakan kondisi yang terjadi di lapangan. Menurutnya, penurunan keandalan disebabkan jarak jaringan distribusi yang sangat panjang, mencapai 70 kilometer dengan kondisi geografis melewati perbukitan dan perkebunan.

Sebagai solusinya, Pihak PLN memiliki solusi jangka pendek dan jangka panjang. “Sebagai solusi jangka pendek, PLN sudah memasang infrastruktur penunjang yang dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. Kemudian yang sebelumnya RSUD hanya dipasok dari 1 penyulang (jalur pasokan), sekarang menjadi 2 penyulang. Bahkan kami tambah jaringan khusus untuk RSUD. Sehingga dalam waktu cepat masalah ini bisa diselesaikan,” ungkap Darmawan.

Darmawan menambahkan untuk meningkatkan keandalan listrik yang stabil di Musi Rawas Utara, PLN turut melengkapi gardu hubung menggunakan kapasitor sehingga suplai listrik menjadi semakin andal.

Sedangkan solusi jangka panjang berupa penambahan infrastruktur gardu induk dan transmisi. Infrastruktur ini akan meningkatkan keandalan dan kualitas pasokan listrik secara permanen di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Kita tidak berhenti di situ, kita langsung membangun infrastruktur yang permanen dan kokoh. Kami percepat pembangunan transmisi dan gardu induk agar bisa diselesaikan pada tahun depan,” tuturnya.

Agar pembangunan infrastruktur tersebut berjalan lancar, , Darmawan meminta dukungan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Tadi langsung kita diskusi terkait tantangan di ⁸lapangan, kami yakin dengan dukungan luar biasa dari Bapak Bupati dan kolaborasi, tantangan yang ada bisa kita hadapi agar listrik di Kabupaten Musi Rawas andal. Kami yakin listrik ini akan bermanfaat bagi peningkatan investasi, pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas Utara, Devi Suhartoni menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan listrik andal untuk meningkatkan pelayanan tidak hanya di RSUD Rupit tapi juga untuk Kabupaten Muratara.

Bupati Devi juga memastikan siap mendukung PLN dalam mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Musi Rawas Utara.

Sementara itu yang tak kalah senangnya adalah pihak RSUD Rupit. Melalui Direktur RSUD Rupit dr. Ladonna Sianturi, sangat mengapresiasi gerak cepat PLN merespon arahan Preaiden Jokowi untuk melakukan peningkatan keandalan listrik di RSUD Rupit.(hms)