PALEMBANG | Populinews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) bergerak cepat memberikan bantuan biaya perawatan kepada anak berusia 9 tahun bernama Fadila Aulia. Bantuan tersebut langsung diserahkannya ke kediaman orang tua Fadila Aulia yang beralamat di Jl Gub H. Bastari RT 11/RW 03, 8 Ulu, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/6/2024).

“Ya hari ini tadi saya baru saja menyerahkan bantuan kepada anak usia 9 tahun, jadi namanya Fadila Aulia ini waktu itu ada operasi sekitar 5 tahun yang lalu tapi dalam operasi itu masih tertinggal selang di dalam tubuhnya, di dalam perutnya dan operasinya belum ada biaya. Jadi selama 5 tahun itu tertinggal belum bisa dioperasi dan hari ini kita berikan bantuan,” jelas Fatoni.

Fatoni mengaku mendapatkan informasi tersebut dari awak media yang melaporkan secara langsung. Selaku kepala daerah, dirinya bertindak cepat memberikan bantuan biaya operasi guna kesembuhan Fadila.

“Mudah-mudahan setelah operasi bisa segera sembuh, bisa normal kembali dan sehat menjadi anak yang pintar bisa sekolah lancar kemudian bisa bermain dan bergaul dengan teman-temannya,” kata Fatoni.

Fatoni secara langsung juga memberikan semangat dan dukungan moril kepada Fadila. Bahkan dirinya tak lepas merangkul Fadila guna memberikan semangat secara langsung.

“Semoga cepet sembuh yo, cepet sembuh cepet sekolah ya nanti ya. Tetap semangat terus ya,” ucap Fatoni.

Sebagai informasi, Fadila direncanakan akan menjalani operasi di RSCM Jakarta. Fatoni juga mendoakan agar operasi tersebut berjalan lancar sehingga Fadila bisa kembali sehat seperti sedia kala.

“Mudah-mudahan lancar, sehat dan bisa sembuh kembali,” ucapnya.

Tak hanya itu, Fatoni juga menyerahkan bantuan kepada Fadila untuk biaya perawatan pengobatan. Bantuan tersebut diterima langsung oleh kedua orang tua Fadila.

Sebagai informasi, Fadila Aulia mengalami kelainan pada kantong kemih yang mengharuskan tindakan operasi pemasangan selang pada tahun 2018.

Operasi pemasangan selang pun sempat dilakukan dan berjalan sukses namun setiap tiga bulan sekali Fadila perlu dilakukan rawat jalan untuk mengganti selang. Dikarenakan terbentur biaya, perawatan ganti selang pun hanya dilakukan sebanyak dua kali.

Namun, pada tahun 2021 tiba-tiba selang itu keluar sendiri dari alat kelamin Fadila dan langsung di bawa ke RSMH Palembang untuk mendapatkan perawatan kembali. Pada saat itu, Dokter RSMH langsung melakukan tindakan tanpa pengecekan intensif, selangnya di cabut karena Fadila tidak kuat merasa kesakitan jadi berontak hingga akhirnya selang terputus dan masih tersisa didalam tubuh Fadila.(hms)