NATUNA | Populinews.com — Suasana Gedung Daerah Natuna yag berhiaskan pernak pernik HUT Ri ynag bernusnsa merah putih, Rabu pagi 17 Agustus 2022. tidak seperti biasanya suasana tampak ramai, seluruh elemen masyarakat berkumpul. Mereka berkumpul ingin turut menyaksikan prosesi upacara detik-detik pengibaran Sang Saka Merah Putih di tiang tinggi Gedung Daerah kabupaten Natuna .

Bupati Natuna Wan Siswandi memimppin upacara

Tampak Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka, berpakaian serba putih berbaris rapi. Pasukan direkrut dari sejumlah pelajar SLTA se-Natuna, selama sepekan dilatih itu, dominan bergerak di tengah pasukan lainnya, diantaranya, pasukan TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, BNPB, Basarnas, Pramuka dan Pemuda Pancasila Natuna.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang mengusung tema ‘Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat’.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Natuna Wan Siswandi menyerahkan bendera Merah Putih, agar dikibarkan perwakilan Paskibraka. Setelah bendera Pusaka berkibar..

Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar.

Sementara pembaca Teks Undang-Undang Dasar Tahun 1945 oleh Kasatpol PP, Irlizar, Pembaca Doa, Kepala KUA Kabupaten Natuna, H Budi Dermawan

Upacara pengibaran bendera merah putih diikuti oleh seluruh unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mulai dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif bahkan organisasi non pemerintahan.

Bertindak sebagai Perwira Upacara, Kapten Inf Krtistian Napitupulu, cadangan Perwira, Letda Arh Andik Untoro.

Kesatuan Upacara terdiri dari, Kompi Upacara I dengan Komandan Kompi, Muhammad David Giri Wiratdhika yang terdiri dari unsur TNI AD, AL dan AU.

Kompi Upacara II dengan komandan Kompi, Letda Mohammad Hermanto Saputra yang terdiri dari Polri, Gabungan Satpol dan Damkar, Gabungan Basarnas dan BPBD.

Paskibraka Natuna

Kompi Upacara III dengan komandan Kompi, Inspektur Polisi Dua Imam Prayetno yang terdiri dari PNS, Ormas OKP, PGRI dan STAI.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Paskibraka, Letda Arm M Yusuf Chani Nuswantara.

Pembawa Baki, Al-Zachra Aprilya Jasmon dari SMAN 1 Midai, Penarik Bendera, Reza Perdian Saputra dari SMKN 1 Bunguran Timur.
Pembentang bendera, Herwanto dari SMAN 1 Subi, dengan Komandan Kelompok 8, Muchmmad Fathur Rahdi dari SMAN 1 Midai.

Pada akhir upacara dilaksanakan peluncuran program Pelanduk Bersemedi (Pelayanan Administrasi Kependudukan Beres, Resmi dan Jadi) dari Disdukcapil Natuna oleh Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Natuna.

Bupati dan Forkopimda Natuna foto bersama

Upacara juga dimeriahkan oleh aksi Marching Band dari SMAN 1 Bungurun Timur dan SMAN 2 Bunguran Timur, upacara berjalan dengan lancar dan Khidmat.

Sementara, tampak hadir dalam upacara, antara lain, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, Sekda Natuna Boy Wijanarko, Asisten II Setda Natuna Basri, Kadispora Natuna Suhardi, Kadis Perkim Natuna Hendra Kusuma, dan Ketua Komisi II DPRD Natuna Marzuki.

Tampak juga, Danlanud Raden Sadjad Ranai Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arief Prasetyo Irbianto, Dandim 0318/Natuna Letkol (Inf) Hasbul Hasyiek Lubis, Danyon Komposit I Gardapati Natuna Mayor (Inf) Saiful Rizal dan Kajari Natuna Imam MS Sidabutar. (red)