NATUNA | Populinews.com – Bupati Natuna Wan Siswandi meresmikan Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) Natuna di Jalan Datok Kaya Wan Mohammad Benteng, Ranai, Senin pagi 22 Agustus 2022.

Peresmian pusat penjualan kuliner hasil olahan industri rumahan itu, ditandai dengan penandatanganan batu prasasti dan pembukaan tirai papan plang.

“Gedung IKM Natuna ini merupakan pasar oleh-oleh hasil produk rumahan masyarakat Natuna. Jadi saya berharap gedung ini dipergunakan serta di rawat dengan baik,” sambutan Bupati Natuna Wan Siswandi.

Tidak lupa, mantan Sekda Natuna itu, menerangkan tentang kendala sejumlah pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana di kabupaten perbatasan ini. Semua itu akibat keterbatasan anggaran.

“Selama ini, kita tergantung dari dana transfer dari pemerintah pusat. Sehingga kita perlu mendongkrak pendapatan daerah dari sektor investasi. Semoga kedepan, sejumlah investor bisa masuk ke Natuna,” kata Wan Sis -sapaan akrabnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Natuna Marwan sebagai pelaksana kegiatan peresmian mengatakan, Gedung IKM Natuna dibangun melalui Dana Alokasi Khusus atau DAK 2021 sebesar Rp7,5 miliar. Yang dibangun demi mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

“Saat ini, baru delapan pelaku UMKM mengisi outletnya. Selama setahun berjualan, mereka gratis alias tidak dipungut bayaran. Dengan adanya gedung ini, terserap 50 tenaga kerja,” pungkas Marwan.

Sementara tampak hadir dalam acara, Kepala Basarnas Natuna Mexianus Bekabel, Kepala Damkar Natuna Syawal, Ketua Tim Penggerak PKK Natuna Septi Dwiani Wan Siswandi, sejumlah perwakilan Forkopimda dan tokoh masyarakat Natuna. (red)