PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) menghadiri Wisuda XV Politeknik Akamigas Palembang yang diselenggarakan di Hotel Wyndam OPI Mall Palembang, Kamis (24/8/2023).

Dikesempatan tersebut, HD menyampaikan apresiasinya terhadap Politeknik Akamigas Palembang yang terus mengeluarkan sarjana – sarjana muda yang terampil pada bidangnya.

“Wisuda ini sudah yang ke 15, menandakan politeknik ini merupakan politeknik yang terpercaya, bukan hanya dari mahasiswanya saja melainkan juga lembaga yang menggunakan para sarjana muda lulusan dari politeknik ini”, ucap HD.

Melanjutkan sambutannya, HD mengharapkan untuk perusahaan BUMN/BUMD yang berada di Sumsel, khususnya perusahaan – perusahaan yang bergerak dibidang minyak, gas dan pertambangan, seperti Pertamina dan PT. BA agar dapat merekrut mereka dalam memenuhi kebutuhan SDM yang dibutuhkan pada bidangnya masing – masing.

“saya juga berharap banyak terhadap lulusan pada jurusan ini, karena diperlukan tenaga handal khususnya lulusan akamigas ini, agar alam kita tidak dirusak saat kita ekplorasi sumber dayanya. Jika ahli pertambangan ini diisi oleh orang sumsel sendiri, maka lebih tinggi tanggung jawab morilnya untuk menjaga alam dan lingkungan tersebut”, ungkap HD.

Terkait dengan ribuan sumur minyak ilegal yang ada di Sumsel yang sering terjadi kecelakaan kerja dalam proses pengolahannya. HD menyampaikan bahwa permasalahan tersebut tengah dicarikan solusinya oleh pemerintah dan pihak terkait dalam mengeluarkan regulasi yang tepat agar ini dapat dimanfaatkan seluas – luasnya terhadap pemerintah dan masyarakat.

Ia juga meminta agar para lulusan Politeknik Akamigas Palembang yang telah diwisuda untuk terlibat secara langsung dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya pengelolaan minyak tanpa pengetahuan dan prosedur yang dimiliki.

Selanjutnya HD beserta pendamping menyerahkan penghargaan lulusan cemerlang kepada para wisudawan/wisudawati yang lulus dengan nilai terbaik diatas dengan nilai IPK diatas 3,5.

Untuk diketahui jumlah wisudawan/wisudawati yang diwisuda berjumlah 199 orang dari 4 Program Studi yaitu Teknik Analisis Laboratorium Migas, Teknik Pengolahan Migas, Teknik Eksplorasi Produksi Migas, dan Teknik Pertambangan Batu Bara. Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Yayasan Karya Bangsa, Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc pada sambutannya.

Turut hadir Kepala LLDikti Wilayah II Palembang, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, Direktur Politeknik Akamigas Palembang, Ir. Hj. Amiliza Miarti, S.T.M.Si, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (agt/hms)