Pemkab Muara Enim Gelar Nuzulul Qur’an secara Virtual Live Zoom dengan Khidmat

35 views

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH

MUARA ENIM | Populinews.com – Dalam rangka memperingati hari turunnya Al-quran yakni 17 Ramadhan 1441 H/2020 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar peringatan malam Nuzulul Qur’an ditengah pandemi Virus Covid-19 secara virtual melalui aplikasi Zoom yang ditayangkan secara live pukul 20.30 Wib, bertempat di Rumah Dinas Plt Bupati Muara Enim, Rabu malam (13/05/2020).

Acara yang berlangsung sederhana dan khidmat tersebut, dihadiri langsung Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dengan menghadirkan penceramah kondang asal Semende Muara Enim KH Muhammad Dainawi yang akrab disapa KH Gerentam Bumi (Pimpinan Ponpes Al Haramain SDL).

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH memberikan sambutannya

Hadir juga pada kesempatan itu, Plt Ketua TP PKK Muara Enim Dra Hj Nurhilyah Juarsah, Asisten1 Pemerintahan Kesra Drs M Teguh Jaya, Kepala Dinas Kominfo Muara Enim, kepala Vertikal, Kabag Prokim, Kabag Kesra, para ulama Kabupaten Maura Enim.

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH menyampaikan walaupun dalam kondisi sekarang terjadi Covid-19 dari awal ramadhan dan sampai sekarang tidak melunturkan kewajiban kepada Allah SWT untuk memperbanyak ibadah di bulan suci yang penuh dengan barokah ini.

KH Gerentam Bumi saat memberikan tausyiahnya

“Nuzulul Qur’an ini merupakan peringatan turunnya ayat suci Alquran pada bulan ramadhan, yang diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW dan menjadi sebuah petunjuk kehidupan umat manusia bagi kita di dunia dan akhirat,” ucapnya.

Al-Quran, lanjut Juarsah, mengajarkan untuk menghargai satu sama lain dan sebagai masyarakat yang bernegara, mengajarkan manusia bersikap menghargai perbedaan yang ada.

Suasana pelaksanaan peringatan Nuzulul Quran, secara virtual

“Kitab suci Al-Qur’an menjadi penyempurna kitab lainnya yang diturunkan oleh Allah SWT, dan Al-Qur’an juga berisi tentang berbagai fase kehidupan serta pembawa rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang bertaqwa,” ucapnya.

Juarsah mengajak untuk bersama mengamalkan kitab suci Al-Qur’an melalui metode membaca, serta memaknai arti yang terkandung di dalamnya.

Pembacaan ayat suci Al-quran

“Pada bulan suci ramadhan inilah kita bersama sama membagun ibadah yang kita lakukan demi mendapatkan ridho dan pahala yang sebesar-besarnya dari Allah SWT Aamiin ya Robbal ‘Aalamiin,” ajaknya.

Suasana temu ramah bupati dengan Ustazd KH Gerentam Bumi, dan para ulama sebelum peringatan Nuzulul Quran

Sementara itu, KH Gerentam Bumi dalam tausyiahnya mengajak untuk senantiasa mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an serta senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah berikan hingga saat ini.

“Jadikan moment Nuzul Qur’an ini sebagai evaluasi diri kita, menambah ke Imanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” katanya. (Deri Zulian/ Kominfo Pemkab Muara Enim)

Bagikan :

Posting Terkait