Kunjungi 3 Rumah Sakit, Satgasda Lawan Covid-19 DPRD Palembang Bantu Keperluan Medis

52 views

Penyerahan Bantuan Satgasda Lawan Covid-19 DPRD Kota Palembang, kepada RS Palembang BARI, Selasa (19/5/2020)

PALEMBANG | Populinews.com — Satuan Tugas Daerah (Satgasda) Lawan Covid-19 DPRD Kota Palembang, yang beranggotakan perwakilan lintas fraksi, Selasa (19/5/2020), menyambangi tiga rumah sakit yang juga melayani pasien Covid-19, sekaligus memberikan bantuan, APD, Masker N-95, alat Rapid Tes, serta beberapa keperluan medis lainnya.

Rombongan yang dimpimpin Adzanu Gentar Nunsantara, SH, dari Fraksi Gerindra yang juga Ketua Satgasda Lawan Covid-19 DPRD Kota Palembang, pertama mengunjungi Rumah Sakit BARI, di Jakabaring. Prosesi penyerahan bantuan berlangsung sederhana di teras IGD, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa APD, yakni baju Hazmat sebanyak 50 pc, 300 pc Masker Medis, 200 Pc Masker N-95, kemudian ada 20 pc kacamata hougle, serta 40 pc alat rapid test dan 15 botol handsoap. Bantuan ini diterima langsung oleh Direktur RS BARI, dr Hj Makiani SH MM MARS, disaksikan sejumlah staf lainnya.

Dalam sambutannya Adzanu mengatakan bantuan yang diberikan, merupakan sumbangan pribadi dari seluruh anggota fraksi yang ada di DPRD Kota Palembang. Selain itu ada juga support dari Satgas Nasional Lawan Covid-19 DPR-RI, untuk tiga rumah sakit di kota Palembang.

”Alahdulillah bila penyebaran bantuan ini berjalan baik dan bermafaat, insya’allah Satgasnas dan Satgasda DPRD Palembang, akan selalu memberikan support, terhadap kebutuhan yang diperlukan, termasuk bantuan anggaran yang diperlukan,” ujar Adzanu.

Ia juga mengingatkan pihak rumah sakit BARI dapat mengelola anggaran dengan tepat guna dan akuntable, sehingga mencaai kemajuan. ”Kami yakin dibawah kepemimpinan ibu dirut (dr. Hj. Makiani,-red), rumah sakit Palembang BARI ini akan menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19,” ujar Adzanu menambahkan.

Satgasda Lawan Covid-19 DPRD Kota Palembang menyerahkan Bantuan di RS Muhammadiyah, Jl. A. Yani Palembang

Di penghujung sambutannya, Ketua Satgasda Covid-19 DPRD Palembang ini, juga mengatakan bahwa bantuan yang disampaikan adalah bentuk kepedulian anggota DPRD Kota Palembang terhadap para medis yang bertugas. Bantuan ini juga diharapkan menjadi penyemangat bagi para medis yang tak lelah bertugas di rumah sakit, dalam menangani pasien yang terpapar virus Covid-19.

”Memang jika dilihat dari jumlahnya, mungkin bantuan ini tidaklah seberapa. Tapi ini adalah bentuk apresiasi kami kepada seluruh tenaga medis. Bahwa di tengah persoalan pandemi ini, kami hadir untuk selalu memberikan support dan dukungan. Apalagi para tenaga media telah berjuang bahu membahu mengatasi penyebaran virus corona ini di tengah masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya Direktur RS Palembang BARI, dr Hj Makiani SH MM MARS, melaporkan bahwa rumah sakit ini, telah menyediakan ruang khusus perawatan pasien Covid-19 dengan kapasitas 50 orang. Ruang tersebut, tadinya adalah sal umum, yang kemudian direnovasi menjadi ruang perawatan pasien positif corona.

Sejak wabah ini muncul di Palembang, RS BARI sudah merawat banyak pasien. Data terakhir, pasien yang meninggal sudah 4 orang, sementara yang dirawat saat ini ada 12 orang, termasuk seorang bayi yang baru dilahirkan, karena ibunya juga positif.

Makiani menyatakan sangat berterima-kasih kepada anggota Satgasda DPRD Kota Palembang, yang telah menyempatkan waktu melihat secara langsung penanganan pasien covid-19 di RS Palembang BARI.

”Kami ini dikunjungi saja sudah sangat berterima kasih, apalagi ini disertai dengan bantuan APD, Masker N-95 dan peralataan pelindung lainnya, yang memang sangat kami perlukan,” ujarnya.

Penyerahan bantuan di RS Pelabuhan Palembang

Usai menerima bantuan, Direktur RS Palembang BARI juga menyerahkan cinderamata berupa pelakat, sebagai tanda ucapan terima kasih.

Selanjutnya, rombongan Satgas Lawan Covid-19 DPRD Palembang meninggalkan area rumah sakit menuju RS Muhmamadiyah Palembang. Di sini rombongan disambut Dirut RS Muhammadiyah dan menyerahkan bantuan yang sama, tanpa seremoni. Setelah selesai, rombongan bergerak lagi ke RS Pelabuhan Boom Baru Palembang juga menyerahkan bantuan yang sama.

Kedua direktur rumasah sakit yang disambangi, juga mengucapkan rasa syukurnya, dikunjungi oleh wakil rakyat di DPRD Palembang. ”Setidaknya, kami merasa tidak sendiri lagi, ada tempat mengadu jika satu saat kami menghadapi masalah, dalam mejalankan tugas.” ujar Direktur RS Pelabuhan Boom Baru Palembang. (red)

Editor: Dahri Maulana

Bagikan :

Posting Terkait