Kadinkes Sumsel: Covid-19 Bisa Diatasi Jika Semua Satukan Tekad

104 views


Asisten I Pemprov Sumsel H. Akhmad Najib (tengah), didampingi Kadinkes Sumsel Dra. Lesty Nurainy usai mengikuti upacara virtual HKN Kemenkes di Palembang, Kamis (12/11/2020). (f/ist)

PALEMBANG | Populinews.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra. Lesty Nurainy, Apt, M.Kes meyakini penyebaran Covid-19 akan dapat diatasi, jika semua masyarakat menyatukan tekad, menerapkan protokol kesehatan mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.

”Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup, apabila tidak didukung oleh seluruh masyarakat. Mulai dari lingkungan keluarga. Lakukan, pencegahan dan jaga kesehatan sesuai petunjuk protokol kesehatan. Sebaliknya jika sebagian masyarakat masih menganggap remeh, maka penyebaran Covid melalui kontak fisik, akan terus terjadi,” ujar Lesty, Kamis (12/11/2020) di Palembang, usai menghadiri Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) secara Virtual, tepat pukul 12.00 WIB bersama Menkes RI, Letjend TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto.

HKN (Hari Kesehatan Nasional) yang diperingati setiap tahun, kali ini mengusung tema ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’ dengan sub tema ‘Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari pandemi Covid-19’.

Kepesertaan upacara peringatan HKN secara virtual ini berlangsung di Lantai 10 RSUD Siti Fatimah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tampak hadir Asisten I Pemprov Sumsel Ahmad Najib, dan para dokter senior seperti Prof Ali Ghanie, Prof Hadi Darmawan, serta Perwakilan dari TNI, Polri, Akademisi, Poltekes, UPTD Dinkes serta berbagai unsur lembaga kesehatan dan organisasi.

Dr Lesty juga mengatakan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumsel masih terus bertambah, meski dalam skala kecil. Data gugus tugas, per 12 November, jumlah kasus terkonfirmasi positif bertambah lagi 72 Orang. Sedangkan status wilayah di Sumsel, 3 Zona Kuning dan 14 Zona Oranye.

Secara keseluruhan, hingga saat ini kasus konfirmasi positif Sumsel sebanyak 8.534 orang, Dari angka ini 7.044 orang (82,54%) dinyatakan sembuh. Sementara yang meninggal 461 orang atau sekitar 5,40 % dari keseluruh kasus.

Hingga saat ini Laboratorium Dinkes Sumsel juga tercatat telah memeriksa sampel sebanyak 38.103 orang (4,45 perseribu penduduk). Hasilnya, Positif Covid-19 sebanyak 8.534 (24,09 %) dan Negatif sebanyak 26.898 sampel.

”Melalui HKN kali ini, kita tentu ingin mengajak semua masyarakat, untuk menyatukan tekad bersama pemerintah untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan pola 3M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak),” ujar Lesty.

Sementara itu, Asisten I Pempriv Ahmad Najib, di tempat sama mengatakan hingga saat ini, sudah berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah, untuk memutus pepenyebaran Covid-19. Berbagai kebijakan, juga dibuat untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Akan tetap upaya itu, akan sia-sia, jika masyarakat tetap menganggap pandemi ini hal yang sepele.

”Terbukti angka Covid-19 masih bertmabah. Itu artinya, kita masih perlu berupaya keras untuk mencgah pandemi ini, secara bersama-sama,” ujar Najib. tanpa dukungan masyarakat tidak akan bisa terhindar dari permasalahan kesehatan,” ujar Akhmad Najib. (dm)

Penulis : Dahri Maulana

 

Bagikan :

Posting Terkait