Dharma Wanita Palembang Gelar Rapid Test Gratis Bagi Masyarakat

183 views

Pelaksanaan Rapid Test dan Donor Darah oleh Dharma Wanita dan TP PKK Palembang (f/ist)

PALEMBANG | Populinews.com — Dharma Wanita Persatuan Kota Palembang bekerjasaman dengan TP PKK menggelar kegiatan pemeriksaan Rapit Test Gratis bagi masayrakat yang diselaraskan dengan Pemeriksaan IVA/Pemeriksaan PTM Terintegrasi dan Donor Darah.

Kegiatan ini dilaksanakan, Rabu (16/12/2020) di Rumah Dinas Walikota Palembang Jalan Tasik Palembang, bersamaan peringatan Hari Ibu tahun 2020 yang mengusung Tema “Perempuan Berbudaya Indonesia Maju”

Tampak hadir Ketua TP PKK Kota Palembang, Selviana Harnojoyo dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Setda Kota Palembang Ibu Dewi Satriani Ratu Dewa.

Peserta kegiatan merupakan perwakilan dari seluruh SKPD dan TP PKK Kecamatan SeKota Palembang. Kegiatan ini pun tetap mengedepankan Protokol Kesehatan yaitu memakai Masker, mencuci tangan di air mengalir dengan memakai sabun serta menjaga jarak.

Para para peserta yang menjalni rapid test gratis diatur jam kedatangannya agar tidak berkerumun.

Selain Rapid Tes, dilaksanakan juga Kegiatan pelayanan PTM (Penyakit Tidak Menular) Terintegrasi kesehatan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kesehatan jiwa, serta pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk deteksi dini kanker leher rahim dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) di lakukan pada wanita yang sudah menikah umur 30 – 50 Tahun.

Jumlah Hasil kegiatan adalah 144 orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan, 48 orang diantaranya menjalani pemeriksaan Rapit Test 48 orang.

Secara keseluruhan hasil pemeriksaan tercatat pasien yang mengalami tekanan darah >140/90 mmhg 14 orang, gula darah sewaktu lebih dari 200 mg/dl sebanyak 3 org, SRQ lebih dari Skore 6, sebanyak 1 org, IVA dan Sadanis 47 orang, kemudian Donor Darah sebanyak 66 orang.

Selviana Harnojoyo dalam sambutannya mengatakan pencegahan penyakit menular dan tidak menular perlu dilakukan sedini mungkin dengan menerapkan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Kemduan menerapkan CERDIK yaitu Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress. (dm)

Penulis : Dahri Maulana

Bagikan :

Posting Terkait