20.870 Vial Vaksin Siap Disebarkan ke 17 Kabupaten/Kota di Sumsel

299 views

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes. (f/ist)

PALEMBANG | Populinews.com — Sebanyak 20.870 vial atau 208.700 dosis vaksin Covid-19, siap disebarkan kepada 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan. Penyebaran vaksin ini dilakukan sebagain bagian dari program vaksinasi satu juta dosis per hari yang dicanangkan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes, Kamis (24/6/2021), mengatakan puluhan ribu vial vaksin tersebut, merupakan tambahan dari Kementerian Ksehatan untuk peride Juni 2021.

“Ratusan ribu dosis vaksin tersebut sekarang ini disimpan di gudang di Palembang dan segera didistribusikan melalui Biofarma ke Dinkes di 17 kabupaten dan kota,” ujarnya kepada wartawan.

Teknis pendistribusian juga dibantu tim medis di 433 fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang disiapkan untuk menyukseskan program nasional ini.

Dikatakan, selain ke Dinas Kesehatan seluruh kabupaten/kota, pihaknya juga akan mendistribusikan sekitar 6.180 vial atau 61.800 dosis, kepada jajaran TNI/Polri.

Lesty juga menjelaskan pelaksanaan program secara umum program vaksinasi yang dilakukan di Sumatera Selatan hingga saat ini berjalan sesuai dengan rencana dan target sasaran yang ditetapkan pemerintah pusat. Termasuk sasaran kepada tenaga kesehatan.

Sebagaimana diketahui, program vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumsel yang dimulai sejak 14 Januari 2021 ditargetkan menjangkau 5,7 juta jiwa dalam waktu 15 bulan.

Pelaksanaan vaksinasi ini juga akan dibarengi dengan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah terinfeksi virus corona jenis baru itu.

Melalui upaya tersebut diharapkan pelaksanaan program satu juta vaksin per hari di provinsi ini dapat terealiasasi tanpa hambatan, atau selesai sesuai dengan jadwal dan target yang ditetapkan pemerintah daerah dan pusat. (dm)

Penulis : Dahri Maulana

Bagikan :

Posting Terkait