PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah Paguyuban Keluarga Besar Puja Kesuma Sumatera Selatan Masa Bakti 2022-2027 yang diketuai oleh H. Devi Suhartoni oleh Ketua DPP Puja Kesuma, Eko Supiyanto di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (1/6/2023).

Paguyuban Puja Kesuma adalah perkumpulan warga keturunan Jawa yang lahir dan tinggal di Sumatera. Dalam paguyuban tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru didaulat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Puja Kesuma Sumsel.

HD katakan ada banyak yang dapat ditiru penduduk asli dari keturunan jawa baik orang yang dikirim pada zaman kolonisasi mauoun transmigrasi. Antara lain Etos kerja yang baik dan ulet.

Menurutnya, Hal ini sebagai simbol untuk kita memperkuat silaturahmi dan etos kerja. Dalam prosesnya orang jawa hidup membaur dan mau membagi ilmunya. Ia berharap puja Kesuma menjadi bagian terintegrasi dalam menjaga kebudayaanya bersama warga Sumsel asli.

“Saya sebagai pimpinan daerah ini sekaligus MPO Puja Kesuma mengucapkan terima kasih atas kerja sama warga keturunan Jawa di Sumsel. Saya minta tetap pertahankan adat budaya ditengah tantangan modernisasi,” katanya.

Ia berharap kepengurusan Puja Kesuma dapat amanah, arif, bijaksana dan bermanfaat. Ia berharap ini akan menjadi kekuatan ekonomi dengan semangat kegotongroyongan yang mendukung UMKM yang ada di daerah.

Ketua Puja Kesuma Sumsel, Devi Suhartoni, ungkapkan masyarakat Sumsel terdiri dari 32 persen orang jawa. Moto organisasi ini yaitu mendorong orang jawa khususnya generasi muda untuk memajukan daerah dan bermanfaat di tempat tinggalnya terutama Sumsel.

“Setelah pelantikan ini, Kami pengurus akan melakukan roadshow untuk menemui para DPD. Kita akan menyatukan Puja Keuma Sumatera dari Aceh ke Lampung dan apa yang bisa kita lakukan untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.

Ketua DPP Puja Kesuma, Eko Supiyanto berharap Puja Kesuma dapat merangkul seluruh etnis di Sumsel. Ia berharap semua akan rukun dan bersatu dan tidak terpecah belah. Turut hadir Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, S.H. (hms)