MUARAENIM | Populinews.com – Hampir setiap hari, agenda kegiatan Pemkab. Muara Enim tak luput dari pengendalian inflasi yang dilakukan diberbagai spot strategis dalam wilayah Kabupaten Muara Enim. Ini menunjukan konsisten Pemkab. Muara Enim dalam menekan laju inflasi sangatlah serius demi membantu meringankan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Seperti pagi ini, Rabu (28/02) kegiatan Operasi Pasar Murah digelar bersamaan dengan peringatan HUT Persit Kartika Chandra (KCK) Kodim 0404/Muara Enim di Balai Serbaguna Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas yang disambut antusias oleh ratusan masyarakat setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Yulius yang hadir mewakili Bupati Muara Enim guna membuka kegiatan ini mengatakan, Operasi Pasar Murah ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab. Muara Enim bersama unsur TNI dan Polri bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Lahat dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dan juga Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumsel (GPISS) tahun 2024.

Selain bertujuan untuk membantu meringankan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, kegiatan ini lebih ditekankan untuk meredam gejolak harga pangan atau laju inflasi daerah yang saat ini masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Sehingga diharapkan pasar murah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari karena harga yang ditawarkan disini lebih murah dari harga di pasar, terang Sekda.

Ditambahkannya, kegiatan ini tidak akan sampai disini saja karena menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemkab. Muara Enim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kabupaten Muara Enim bersinergi dengan Bulog dan BUMN/BUMS yang beroperasi dalam wilayah Kabupaten Muara Enim akan terus menggelar Operasi Pasar Murah yang tersebar di 22 Kecamatan.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha mengatakan, kegiatan Operasi Pasar Murah yang disinergikan dengan peringatan HUT ke-78 Persit KCK Kodim 0404/Muara Enim ini merupakan tindaklanjut dari sidak harga di Pasar Inpres Muara Enim beberapa waktu yang lalu bersama Bupati dan Forkopimda Kabupaten Muara Enim.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang secara ekonomi kurang memiliki daya beli dan mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari disamping untuk menekan laju inflasi daerah.

Sama seperti kegiatan kemarin, harga bahan pokok yang dijual selama Operasi Pasar Murah di Desa Pinang Belarik ini antara lain, Beras Premium Rp. 63.000,- per 5 kg, Minyak Sayur Rp. 11.000,- per liter, Gula Pasir Rp 12.000,- per kg, Tepung Terigu Rp.8000,- per pcs, Tepung Tapioka Rp. 8000,- per pcs, Susu SKM Rp. 8000,- per pcs, Mentega Rp. 5000,- per pcs, dan Sirup ABC Rp. 10.000,- per botol yang mana produk pasar tersebut sudah disubsidi Pemkab. Muara Enim melalui dana APBD Kabupaten Muara Enim sebesar Rp. 3.000,- s.d Rp. 6.000,-.

Hadir diantaranya Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para Pejabat Utama Pemkab. Muara Enim, para Pejabat Utama Kodim 0404/Muara Enim bersama Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0404/Muara Enim, TPID Kabupaten Muara Enim, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim, Camat Ujan Mas, Kades Pinang Belarik serta perangkat Desa Pinang Belarik.(hms)