MUARA ENIM | Populinews.com – Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir mengakibatkan naiknya debit air Sungai Enim. Kondisi ini-pun sering dimanfaatkan anak-anak untuk berenang dan bermain di tepian sungai. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., dalam kunjungannya ke rumah duka korban tenggelam di Desa Ulak Bandung, Kecamatan Ujan Mas, Jumat petang (14/05). Untuk itu dirinya menghimbau warga agar lebih ketat mengawasi aktivitas anak-anak, terutama di sekitar sungai.

Pj. Bupati menjelaskan bahwa pencegahan korban tenggelam khususnya anak-anak dapat dicegah dengan meningkatkan pengawasan orang tua untuk tidak membiarkan anak-anak bermain di sungai, terlebih saat kondisi debit air yang tinggi. Selain menyampaikan himbauan, tentunya Pj. Bupati menyampaikan belasungkawa atas kepergian Ferdiansyah, anak 12 tahun yang menjadi korban tenggelam di Sungai Enim beberapa hari lalu.

Lebih lanjut Pj. Bupati berharap kejadian ini tidak lagi terulang. Terkhusus para perangkat desa, camat maupun instansi terkait, Pj. Bupati menginstruksikan agar berperan aktif memberikan edukasi dan peringatan akan pengawasan aktivitas anak di sungai. Dirinyapun menyampaikan apresias kepada tim SAR BPBD maupun masyarakat yang telah bersam-sama melakukan pencarian secara sukarela sehingga korban berhasil ditemukan (hms)