PALEMBANG | Populinews.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni melaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat Walikota Palembang yang baru, Dr. Ucok Abdulrauf Damenta, S.Sos,. Magister Rerum Publicarum yang dilaksanakan di Griya Agung.

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3 – 1300 Tahun 2024 Tanggal 12 Juni 2024. Dr. Ucok Abdulrauf Damenta yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Hari ini (Rabu, 19/6/2025) resmi menjabat sebagai Pj. Walikota Palembang menggantikan Drs. H. Ratu Dewa selaku Pj. Walikota Palembang periode 2023 – 2024.

Dalam sambutannya A. Fatoni mengatakan bahwa dengan hadirnya Dr. Ucok Abdulrauf Damenta di Kota Palembang serta didampingi Drs. H. Ratu Dewa yang kembali menduduki jabatan definitifnya sebagai Sekretaris Daerahnya, tentunya ini akan menjadi duet maut yang sangat baik dalam membangun Kota Palembang.

“Kita baru saja menyaksikan Pelantikan Pj. Walikota palembang. Dimana Pak Ucok akan didampingi Ratu Dewa dalam menjalankan tugasnya. Karena Ratu Dewa kembali kejabatan definitifnya sebagai Sekda Kota Palembang. Ini bisa jadi duet maut yang sangat baik dalam memajukan kota Palembang”, ungkapnya.

A. Fatoni juga menegaskan bahwa Pj. Kepala Daerah diberikan tugas untuk melanjutkan tugas kepala daerah sebelumnya, dan memastikan agar Pilkada berjalan baik sebagaimana mestinya hingga terpilih kepala daerah yang baru.

Tak lupa, A. Fatoni juga mengucapkan terimakasih kepada Drs. H. Ratu Dewa beserta ibu yang telah mengabdikan diri dalam memimpin dan memajukan Kota Palembang.

“Saya juga berterimakasih kepada Bapak Ratu Dewa dan Ibu, yang sudah banyak sekali terobosan dan inovasi yang telah dilakukan. Serta sinergi yang dilakukan selama ini bersama Pemprov memberikan dampak yang banyak untuk kemajuan Kota Palembang”, tuturnya.

Mengakhiri sambutannya A. Fatoni mengajak Seluruh Kepala Daerah, baik yang baru saja dilantik serta yang menghadiri kegiatan tersebut. Untuk dapat menjaga iklim kondusif yang ada di Sumatera Selatan. Karena menurutnya, daerah yang kondusif merupakan modal awal pemerintah dalam melakukan pembangunan daerah.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pelantikan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palembang yang baru, Irmawati Habi Damenta, SH menggantikan Pj. Ketua TP PKK Kota Palembang Periode 2023 – 2024, Hj. Dewi Sastrani Ratu Dewa, SAG oleh Pj. Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Tyas Fatoni.

Dalam kesempatan itu juga, A. Fatoni menyerahkan SK Perpanjangan kepada Pj. Bupati OKU, Teddy Meilwansyah untuk melanjutkan tugasnya sebagai Kepala Daerah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Turut hadir Ketua DPRD Prov. Sumsel, RA. Anita Noeringhati, Para Bupati/Walikota, Sekda Prov. Sumsel, Ir. SA Supriono, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.