PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima penghargaan sebagai Pelopor Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dari Tribun Sumsel. Penghargaan diterima HD pada acara Sarasehan kelompencapir Milenial dengan tema “1001 Cerita dari Bumi Sriwijaya untuk Indonesia Menuju Sumsel Mandiri Pangan” diselenggarakan oleh Tribun Sumsel di Griya Agung Palembang, Selasa (12/7/2022).

GSMP adalah gerakan untuk merubah mindset masyarakat dari konsumtif menjadi produktif. Namun merubah pola pikir tidak cukup, tetapi dibutuhkan peran semua pihak terutama pemerintah. Tugas pemerintah adalah membimbing petani agar menjadi bankable, berjiwa enterpreneur, memahami IPTEK dan mengerti pasar. Petani harus dibantu dengan informasi yang cepat dan mudah.

“Kita sangat butuh institusi yang mengakar seperti media masa, seperti tribun untuk membantu pemerintah dan petani mensosialisasikan GSMP. GSMP manfaatnya bukan hanya untuk petani tapi juga seluruh masyarakat Sumsel. Meski baru berjalan efektif 7 bulan, manfaatnya sudah dirasakan masyarakat khususnya di perkotaan,” katanya.

HD mengajak semua pihak untuk melakukan GSMP. Namun menurutnya harus ada keseragaman komoditas tidak boleh seporadis, harusnya ada zona berupa kluster per komoditas pangan yang dibina oleh masing-masing dinas pertanian kab/kota.

“Saya berharap apa yang sudah diakukan bupati walikota dalam inovasi pangan daerah terus dikembangkan dan tetap konsisten. Kita harus mengakui bahwa banyak petani tradisional yang belum mau berinovasi, namun saya mengapresiasi beberapa kabupaten yang telah berinovasi dalam bidang pertanian,” katanya.

Disamping itu, HD mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangam rumah untuk bertani setidaknya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri. Bahkan jika diperlukan HD memberikan peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong milik Pemprov Sumsel untuk bertani, yang penting jelas tujuan bertani dan target pemasarannya.

Sementara itu, CEO Tribun Network, CEO Tribun Network, Dahlan Dahi, mengapresiasi GSMP yang diinisiasi oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru. Menurutnya GSMP ini adalah gerakan yang mulia karena akan mampu menggerakan ekonomi dan pangan secara nasional apalagi Sumsel juga sebagai lumbung pangan. Ia berharap GSMP ini akan sukses.

Dalam kesempatan itu, dilakukan diskusi tentang pengembangan pangan yang Dimoderatori, Kepala Newsroom Sriwijaya Post-Tribun Sumsel, Weny Ramdiastuti, dan 4 narasumber antara lain Gubernur Sumsel H Herman Deru, Direktur Keuangan dan Umum PT Pusri, Saifullah, Tokoh Pertanian Sumsel, Susno Duadji, dan Direktur Perbenihan Hortikultura, Ditjen Hortikultura, Dr. Inti.

Juga dilakukan pemberian penghargaan bagi individu, kab/kota, dan Pemprov Sumsel untuk inovasi dibidang pertanian dan pangan di Sumsel. Pemberian bantuan benih kepada Pemprov Sumsel dari Kementan Sumsel. Serta Launching Animasi Mang Deru tentang sosialisasi GSMP yang akan ditayangkan di akun tribun Sumsel. (hms)