PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka kegiatan Syariah Festival Sriwijaya (SYAFARI) 2022 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Selatan dengan tema Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Perkuat Pemulihan Ekonomi Menuju Sumsel Maju Untuk Semua di Sumsel di Palembang Square Mall, Jum’at, (15/7/2022)

“Saya sangat berterimakasih atas kontribusi yang telah diberikan BI dan mitranya yang telah memberikan penyaluran kredit kepada pelaku UMKM melalui dana CSR nya. Saya juga mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang kita buka hari ini, ini merupakan inovasi yang memberikan dorongan terhadap meningkatnya perkembangan ekonomi syariah di Sumsel”, ucap HD.

HD juga mengingatkan bahwa cara berekonomi syariah merupakan opsi (pilihan) yang dimiliki masyarakat Sumsel dalam melakukan transaksi ekonomi.

“Berekonomi i syar’i merupakan salah satu opsi bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya ekonomi syar’i butuh mitra dan tentunya mitra tersebut tidak hanya harus berasal dari umat agama islam saja, melainkan dari seluruh masyarakat”, ungkap HD.

“Saya sangat bangga dengan Bank Indonesia yang terus berinovasi untuk kebaikan pelaku usaha kecil, industri kecil dengan memberikan label halal. Dengan adanya label halal ini, tentunya memberikan dampak kepercayaan yang lebih tinggi bagi masyarakat terhadap produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM”, tutup HD.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel, R. Erwin Soeriadimadja menyampaikan harapannya semoga kegiatan Syafari dapat menjadi bagian dari solusi pemerintah menjawab tantang dari pemberdayaan ekonomi syariah di sumsel dan perkembangan ekonomi menuju sumsel maju untuk semua.

Selanjutnya HD didampingi R. Erwin Soeriadimadja menyerahkan sertifikat halal kepada 578 pelaku UMKM Sumsel.

Turut hadir Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel, Untung Nugroho, Dirut Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsuddin, Ketua Satgas Layanan Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Drs. H. Yauza Ependi, M.PdI, Para Pimpinan BUMN/BUMD dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)