PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menghadiri pengukuhan Pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Sumsel sekaligus membuka Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Penguatan Kelembagaan dan Kemitraan Kelapa Sawit Rakyat Sumsel, di Hotel Aston Palembang, Sabtu, (6/8/2022)

Dikesempatan tersebut HD berharap agar APKASINDO melalui FGD yang digelar dapat memberikan solusi bagi permasalahan – permasalahan yang dihadapi oleh para petani kelapa sawit serta memberikan ide ataupun gagasan yang bermanfaat bagi kesejahteraan para petani kelapa sawit.

“Saya harap dengan dikukuhkannya APKASINDO dapat menjadi jembatan bagi petani kelapa sawit dengan perusahaan – perusahaan yang ada di Sumsel dan juga menjadi jembatan bagi petani dengan pemerintah”, ungkap HD.

HD juga menyampaikan bahwa pemerintah juga memiliki program replanting dimana program tersebut bertujuan untuk meremajakan sawit yang dimiliki oleh para petani.

“Replanting harus sukses, dimana ini merupakan kemudahan bagi petani untuk meremajakan kelapa sawitnya dengan skema yang mudah dan murah”, tutur HD.

“APKASINDO juga harus memikirkan anggotanya disaat kondisi setelah panen kelapa sawit. Ini yang menjadi kewajiban APKASINDO untuk memberikan solusi kegiatan apa yang harus dilakukan para petani sambil menunggu sawitnya berbuah kembali”, tambah HD.

Selain itu HD juga berharap APKASINDO memiliki perusahaan sendiri yang dapat menyerap hasil panen kelapa sawit, sehingga APKASINDO dapat menjadi mandiri dan tidak tergantung terhadap perusahaan – perusahaan lain. Ini juga dapat memerbikan efek kestabilan harga beli bagi para petani kelapa sawit.

Turut hadir Ketua Umum DPP APKASINDO, Dr. Gulat Manurung, Mp., C.IMA secara virtual, Sekretaris Jenderal DPP APKASINDO, Dr. Rino Afrino, ST., MM., C.APO, Wakil Bupati Banyuasin sekaligus Ketua DPW APKASINDO Sumsel, H. Slamet Somosentono, Tim Sapras Ditjen Perkebunan RI, Ade Tri Sunar dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)