BANDUNG | Populinews.com – Usai menghadiri Peringatan Hari UMKM Nasional di Cihampelas Walk Bandung Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/8). Gubernur Sumsel Herman Deru diajak Gubernur Jabar berkeliling Kota Bandung.

Salah satunya ke Gedung Merdeka Asia-Afrika, merupakan gedung bersejarah yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955.

Menurut Herman Deru gedung ini seperti apa adanya tempat konferensi Asia-Afrika Tahun 1955. Didalam gedung ini Bapak Pembangunan Sumsel itu melihat ada yang menarik karena ada Bendera Negara yang hanya bertulisan Sudan.

“Pada saat itu ada negara namanya Sudan (Negara Afrika yang belum ada bendera) sehingga Presiden Soekarno menuliskan dengan tulisan Sudan. Kita berterima kasih ya diajak Kang Emil kesini,” katanya.

Sementara, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan gedung ini adalah gedung teristimewa di republik ini, di cintai tidak hanya orang Indonesia tapi juga di negara-negara Asia-Afrika.

Dia menyebutkan gara-gara gedung ini banyak negara merdeka setelahnya sehingga banyak negera berterima kasih ke Indonesia karena terinspirasi dengan pidato-pidato kepala negara.

“Setiap 10 tahun sekali negara-negara itu janjian disini (reuni lagi). Jadi Presiden yang baru akan mengundang kesini. Jadi itula hebatnya Indonesia di mata negara-negara Asia-Afrika,” tutupnya. (hms)