MUSI RAWAS | Populinews.com – Provinsi Sumatera Selatan dikenal dengan kekayaan alam yang dimiliki dari sumber daya alam hingga keindahan alam yang dimiliki. Kali ini Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri sekaligus membuka Festival Danau Rayo yang dimiliki oleh Kabupaten Musi Rawas Utara di Desa Karang Waru, Kab. Muratara, Rabu, (24/8/2022)

HD mengatakan bahwa tidak semua Kabupaten / Kota di Sumatera Selatan memiliki aset keindahan alam yang seperti Danau Rayo tersebut. Untuk itu HD berharap manfaatkan karunia alam tersebut menjadi salah satu tujuan utama destinasti wisata di Sumatera Selatan.

“Ciptaan Tuhan ini akan menjadi sia – sia jika kita tidak manfaatkan untuk kemaslahatan umat yang berada disekitarnya. Akan tetapi untuk mengelola tempat wisata ini tentunya bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan juga tugas dari masyarakat disekitar juga dalam mewujudkannya menjadi tujuan utama destinasti wisata di Sumsel”, ungkap HD.

HD menambahkan dengan meningkatnya jumlah pengunjung wisatawan ke danau rayo tentunya hal tersebut akan memberikan dampak untuk kemajuan daerah tersebut.

“Pekerjaan ini harus kita lakukan berkesinambungan dan berkelanjutan agar danau rayo ini dapat menjadi destinasti wisata unggulan muratara yang akan menumbuhkan ekonomi. Maka dari itu semua potensi yang kita miliki diwilayah ini harus kita kemas dengan baik dan kita suguhkan kepada wisatawan yang berkunjung disini”, tutur HD.

Selain itu HD juga menetapkan bahwa Festival Danau Rayo akan dimasukan menjadi agenda tahunan kegiatan Pemprov Sumsel.

Selanjutnya HD melakukan penanaman pohon sebagai bentuk menjaga kelestarian lingkungan disekitar danau dan menebar benih untuk menjaga biota yang dimiliki danau agar ekosistemnya terjaga dan tidak punah serta melepas peserta lomba biduk.

Sebelum mengakhiri kunjungannya HD bersama masyarakat dari berbagai desa yang hadir melakukan makan bersama 1000 nasi punjung ayam terjun dalam rangka pemecahan rekor muri yang dilakukan oleh Kabupaten Musi Rawas Utara.

Turut hadir Bupati Musi Rawas Utara, H. Devi Suhartoni, Wakil Bupati Musi Rawas Utara, H. Inayyatullah dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)