BANYUASIN | Populinews.com – Melanjutkan kunjungan kerjanya diakhir pekan, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) berkunjung ke Desa Merah Mata, Kec. Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (27/8/2022).

Didampingi Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, HD menyempatkan diri melihat secara langsung Kampung Laos yang dimiliki oleh desa tersebut. Hal tersebut dilakukan HD setelah menutup rangkaian kegiatan HUT RI Ke 77 Tahun 2022 Desa Merah Mata sekaligus menyaksikan Pengukuhan Ketua RT Desa Merah Mata dan Pengukuhan BUMDES Merah Mata.

“Saya apresiasi Pemerintah Kab. Banyuasin yang telah berhasil membangkitkan kreatifitas masyarakat desa, khususnya Desa Merah Mata yang memanfaatkan lahan kosong dan mengubahnya menjadi kebun laos”, ucap HD.

HD pun menambahkan bahwa kreatifitas yang dimiliki oleh Desa Merah Mata tentunya harus didukung oleh pemerintah daerah maupun provinsi dengan memberikan fasilitas peralatan ataupun permodalan bagi para petani untuk meningkatkan jumlah produktifitas laos yang ada serta membantu pemasarannya.

” Maka dari itu saya harap Dinas Pertanian dapat menurunkan tim untuk meninjau dan menganalisa kebutuhan yang perlu dibantu terhadap petani laos yang ada di Desa Merah Mata”, tutur HD.

HD juga meminta kepada Kepala Desa Merah Mata, Seftian untuk membina para petani agar dapat konsisten dalam mempertahankan identitas Kampung Laos dengan tidak mengubah komoditas pertanian dengan komoditas lainnya.
Dan untuk permodalan dapat memanfaatkan program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat.

Selain itu HD juga menyampaikan agar masyarakat Desa Merah Mata dapat menjaga kelestarian alam yang ada dengan menyisakan lahan serapan air saat melakukan pembangunan.

Selanjutnya HD mengucapkan selamat atas telah dilantiknya Para Ketua RT Desa Merah Mata serta berharap agar pengurus BUMDES Desa Merah Mata yang juga baru saja dilantik untuk memiliki kretifitas berbeda dengan menciptakan inovasi usaha yang tidak bergantung terhadap orang lain.

Turut hadir Anggota DPRD Prov. Sumsel, Muhammad Yaser, SE dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)