PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka Pekan olahraga bagi para pelajar disabilitas, Pekan olahraga Paralympic Pelajar Provinsi (PEPARPEPROV) ke-1 di Jakabaring, Senin (26/9/2022). Kegiatan berlangsung dari Tgl 26-28 September 2022 di GOR Dempo Jakabaring dengan jumlah peserta 382 orang.

HD mengatakan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) sebagai oragnisasi yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk menghimpun, membina , melatih Atlet olahraga penyandang disabilitas harus lebih serius lagi dari tahun sebelumnya dalam membina atlet agar berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Ada pesan moril dari prestasi-prestasi yang di raih, yaitu menjaga lebih sulit dari pada merebut. NPCI Butuh skill bukan tenaga saja. Juga harus punya perhatian khusus, bukan menganggap NPCI itu punya kekurangan . Pada dasarnya semua itu normal dan setiap semua punya kelebihan tersendiri” ujar HD.

Apresiasi disampaikan HD kepada NPCI Sumsel dengan luar biasa mengalokasikan dana agar terselenggara PEPARPEPROV I Sumsel 2022 tahun ini.

HD juga mendorong agar Kepala Daerah di Sumsel untuk mendata siswa/i disabilitas yang memiliki bakat dalam berolahraga.

Dan kepada Satker Kabupaten /Kota HD instruksikan agar memberikan perhatian khusus pada NPCI, dan bukan menganggap NPCI ada kekurangan.

Pada kesempatan itu HD menyerahkan Penghargaan kepada insan pemerhati olahraga disabilitas antara lain A. Yusuf Wibowo (pernah menjabat Kadispora) , Lesty Nuraini (pernah menjabat Kadinkes) , Kadisdik Prov Sumsel Riza Pahlevi, dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto yang diwakili Kapolresta Palembang Kombes Pol. M. Ngajib

Turut hadir Ketua Pelaksana PEPARPEPROV I Sumsel Muslimin, Ketua NPCI Sumsel Rian Yohwari, para Kepala OPD Prov Sumsel. (hms)