PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menyambut baik kehadiran Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan beserta anggota yang telah hadir beraudiensi di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa, (27/9/2022)

Menanggapi persoalan umum terkait dengan oknum yang memanfaatkan label wartawanan untuk tujuan maupun kepentingan pribadi yang sering ditemukan pada level pemerintahan desa. HD menyampaikan bahwa hal tersebut sulit untuk diberikan sanksi, dikarenakan kejelasaannya sebagai wartawan sulit untuk dideteksi.

Berkaitan dengan hal tersebut, HD sangat menyepakati atas usulan kerja sama yang disampaikan oleh Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumsel, H. Kurnati Abdullah untuk menjalin kerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait dalam memberikan literasi dan edukasi kepada perangkat pemerintah desa seperti Kepala Desa ataupun Kepala Sekolah dalam menyikapi atau menghadapi para wartawan saat berinteraksi.

“Satu kehormatan bagi saya atas kedatangan Dewan kehormatan untuk melaksanakan MOU terkait permasalahan yang terjadi. Tujuan kita adalah edukasi terhadap penyelengara pemerintahan dilevel desa. Silakan dewan kehormatan membuat tim dan selanjutnya melakukan MOU agar kepala desa dan kepala sekolah tidak lagi paranoid saat menghadapi mereka yang mengatas namakan wartawan yang memiliki niat tak baik”, pungkas HD.

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumsel, H. Kurnati Abdullah meminta agar Gubernur Sumsel untuk dapat hadir pada kegiatan HUT PWI ke-76 dan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 6 Oktober 2022 di Kota Prabumulih.

Turut hadir Sekretaris DKP PWI Sumsel, H. Ruslan Ismail, Ka. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, H. Achmad Rizwan, S. STP, MM, dan Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM. (hms)