PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi Festival Rempah Sumatera Selatan yang ditujukan untuk mengedukasi dan memperkenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda tentang rempah dan pengelolaannya bertempat di PTC Mall, Sabtu, (29/10/2022)

Untuk selanjutnya, HD harapkan Festival Rempah juga menampilkan berbagai produk olahan khas Sumsel seperti terasi, tempoyak, dan bekasam, diikuti dengan edukasi proses pembuatannya.

“Jangan sampai ciri khas ini diadopsi atau bahkan diakui orang lain. Apa yang menjadi ciri khas daerah dapat didaftarkan di HKI dan juga pendaftaran standarisasi SNI untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang ada,”pungkasnya.

Ketua TP PKK Sumsel, Hj Feby Herman Deru, katakan kegiatan ini diselenggarakan agar masyarakat luas dapat menggali kekayaan rempah di Sumsel sehingga kedepannya dapat menjadikan rempah Sumsel lebih bermanfaat dalam kuliner dan kesehatan.

“Tujuan kegiatan ini sebagai pengenalan rempah hasil bumi Sumsel dan untuk memberikan informasi dan edukasi bagaimana memanfaatkan pemakaian rempah pada masakan dan produk daerah yang menggunakan rempah, dan mendorong UMKM bidang usaha berbasis rempah untuk membantu menguatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Feby memberikan 1.700, bibit kayu manis ke TP PKK Kab/Kota dalam rangka meningkatkan semangat dan memperkaya jenisnya di Sumsel.

Kegiatan ini dimeriahkan Stan Rempah oleh PKK Kab/Kota dan Organisasi Wanita se-Sumsel, Stan Flora dan Fauna, Kuliner “Rasa Kekinian”Oleh ICSB, dan Donor Darah PMI.

Selain itu, ada berbagai lomba, yaitu lomba masak nasi goreng bapak-bapak, lomba makan pempek terbanyak, kontes iguana, dan kontes kucing makan cepat

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj. Fauziah Mawardi Yahya, Sekda Sumsel, Ir. S.A. Supriono, Ketua ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani HD, Forkopimda Sumsel, Para Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, Para Kepala OPD Sumsel. (hms)