PALEMBANG | Populinews.com – Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H. Mawardi Yahya (MY) menghadiri Rapat Paripurna I_XIX (69) DPRD Prov. Sumsel dengan Agenda Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Prov. Sumsel terhadap Raperda APBD Prov. Sumsel TA 2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Sumsel, Jum’at (18/8/2023).

Adapun pandangan umum yang disampaikan dan diterima MY diantaranya bagaimana Pemprov Sumsel dapat meningkatkan pelayanan pajak agar lebih praktis, mudah dan cepat yang dapat dilakukan secara online menyesuaikan perubahan gaya hidup masyarakat.

Dikesempatan yang sama Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan bahwa dalam mendapatkan PAD dapat dilakukan berbagai cara, seperti perusahaan daerah yang harus diberikan perhatian khusus. Karena perusahaan daerah dibangun bertujuan untuk membantu pembangunan daerah, maka diharapkan BUMD – BUMD tersebut harus dilakukan pengembangan yang lebih baik lagi.

Disampaikan juga bahwa dalam peningkatan anggaran belanja pegawai pada tahun anggaran APBD Tahun 2024, harus linier dengan meningkatkannya kinerja para pegawai dilingkungan Pemprov Sumsel.

Pandangan Umum Fraksi Demokrat dalam rangka meningkatkan PAD Tahun 2024, Pemprov Sumsel dapat mengkaji dan memanfaatkan potensi pajak disepanjang jalur LRT agar dimanfaatkan secara maksimal sehingga memberikan pemasukan pajak tambahan untuk daerah.

Sementara itu, pandangan umum Fraksi PKB menyampaikan bahwa Pemprov Sumsel dapat mengevaluasi kembali secara mendalam terhadap penyebab turunnya PAD Tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya dan mengevaluasi secara mendalam terhadap prioritas belanja dalam pembangunan dan peningkatan pelayanan publik.

Terkait dengan kejelasan nasib para pegawai PPPK dilingkungan Pemprov Sumsel, Fraksi PKS berharap Pemprov Sumsel harus segera mengambil tindakan dan memberikan kejelasan terhadap para pegawai PPPK yang hingga saat ini belum jelas akan nasib mereka, karena belum adanya pelantikan sementara para pegawai tersebut telah mengundurkan diri dari tempat mereka bekerja sebelumnya. (dm/hm)