LAHAT | Populinews.com – Camat Merapi Timur Aria Pulun, SE meninjau langsung titik lokasi banjir di Perumahan Griya Al-Permai Kelurahan Lebuay Bandung, Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Kamis (22/02/2024). Menurutnya, banjir yang melanda Perumahan ini diakibatkan luapan air kali (Siring) disertai intensitas curah hujan yang tinggi semalaman sehingga air kali (Siring) meluap ke perumahan warga.

“Kami secara langsung bersama jajaran didampingi Kapolsek Merapi, Dandram Merapi Lurah, anggota BPBD Lahat dan masyarakat memantau langsung situasi yang terdampak banjir agar dapat menentukan langkah cepat dan tepat seperti akan mengerahkan alat berat kalau dibutuhkan untuk mengeruk air kali (Siring) pelebaran arus air”, ungkapnya.

Ari mengungkapkan (sapaan akrabnya) untuk mengantisipasi jikalau terjadi banjir kembali, kali (Siring) akan di keruk atau libari agar airnya mengalir dengan lancar. Diantaranya langkah yang akan dilakukan, pihak kecamatan berkoordinasi dengan pihak BPBD Lahat rencananya akan menggerakkan alat berat untuk dilakukan pelebaran arus air kali (Siring) tersebut.

“Kemudian kami juga sudah berkoordinasi dengan Polsek dan Dandrami dalam peninjauan lokasinya, dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahat, untuk segeralah dilakukan pengerukan atau pelebaran air kali (Siring) agar arus air lancar”, jelasnya.

Usai dilakukan peninjauan Camat menghimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir agar dapat bersabar, Pemerintah tidak akan diam dan akan mencari solusi yang terbaik kedepannya. Alhamdulillah air kali (Siring) sudah surut. Kepada masyarakat agar tetap berhati-hati untuk memantau anak-anaknya, sehingga tidak terjadi yang membahayakan khususnya keselamatan untuk Anak-anak.(Hendry)