LAHAT | Populinews.com – Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si didampingi Kepala OPD terkait ikuti launching beda rumah, bantuan sanitasi dan pemberian makanan tambahan untuk anak stunting melalui zoom serentak 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan, rabu (21/2/24), bertempat di Desa Merapi Kecamatan Merapi Barat.

Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. H. Agus Fatoni.,M.Si melaporkan, bahwa di Sumatera Selatan ini sangat kompak Bupati/Walikota dan forkopimda nya, sehingga semua gerakan pembangunan semua kegiatan berjalan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

“Alhamdulillah total seluruh bedah rumah berjumlah 8.391 unit. Ditambah lagi, akan ada dana bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi sebesar 2 miliyar per Kabupaten/Kota,” jelas Pj Gubernur.

Dalam sambutannya Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid.,S.STP.M.Si mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rumah layak huni terdiri dari beberapa faktor antara lain struktur bangunan yang kokoh, kecukupan luas bangunan serta akses sanitasi dan akses air minum yang bersih.

“Berdasarkan hasil survei dari Dinas Perumahan rakyat kawasan permukiman dan pertahanan didapat data rumah tidak layak huni sebanyak 6.971 unit dan data dari Dinas Kesehatan balita stunting di Kabupaten Lahat berjumlah 373 anak,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perumahan Rakyat kawasan permukiman telah melakukan program bedah rumah dari Tahun 2019 sampai dengan 2023 sebanyak 1.455 unit yang bersumber dari dana APBD, APBN dan CSR.

“Untuk di Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Lahat melakukan program bedah rumah sebanyak 700 unit terbagi di 37 Desa dan 12 Kecamatan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkim Lahat Limra Naufan.,ST.MT menuturkan, bahwa tentunya bantuan bedah rumah ini merupakan kegiatan yang memang sudah direncanakan secara berkelanjutan.

 

“Tak hanya bantuan dari Pemerintah, peran PT. MIP (Adaro Mining) juga sangat membantu dalam terealisasi nya bedah rumah ini. Terlebih memang sudah dianggarkan melalui CSRnya. Dengan di launching kegiatan bedah rumah pada hari ini, saya berharap kedepan akan semakin banyak peru sahaan-perusahaan yang turut membantu dalam merealisasikan bedah rumah di Kabupaten Lahat,” ucapnya. (Ninti)