MUARAENIM | Populinews.com – Guna menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Al-quran bagi generasi milenial, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali yang ditandai dengan pemukulan Bedug, Sabtu (24/02) di Lapangan Bola Sepaham Desa Menanti Kecamatan Kelekar.

Pj. Bupati yang hadir bersama Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana Rizali, Sekda Yulius, Kakan Kemenag, Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim Dapil III, Staf Ahli, Asisten serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim disambut dengan iring-iringan defile kafilah dari 22 Kecamatan yang diiringi penampilan Marching Band Seringkeh Seagam Suara dari SMP Negeri 1 Kecamatan Gelumbang.

Dalam sambutannya Pj. Bupati mengatakan, Pemkab. Muara Enim memiliki tanggung jawab dan komitmen yang kuat untuk menciptakan Bumi Serasan Sekundang yang agamis melalui usaha-usaha peningkatan sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan demi mewujudkan masyarakat dan generasi penerus yang beriman, bertaqwa dan berakhlak karimah.

Oleh sebab itu, lanjutnya, melalui kegiatan MTQ ke-40 yang diselenggarakan di Kecamatan Kelekar kali ini, Pemkab. Muara Enim terus berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Alquran kepada para generasi milenial.

Dikatakan oleh Pj. Bupati, MTQ ke-40 kali ini juga merupakan sarana pembinaan penyeleksian para kafilah, yang merupakan putra putri asli dari Bumi Serasan Sekundang untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) dan MTQ di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan mendatang.

“Mari kita perbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dan bersaing dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lainnya di tingkat Provinsi Sumatera Selatan,”Himbau Pj. Bupati.

Diakhir sambutannya, Pj. Bupati memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak yang telah ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan MTQ ke-40 tahun 2024 di Kecamatan Kelekar, seraya mengajak masyarakat untuk bersinergi membangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur.(hms)