MUARAENIM | Populinews.com – Masih dalam upaya untuk menekan laju inflasi daerah tahun 2024 di Bumi Serasan Sekundang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar Operasi Pasar Murah di Balai Desa Guno Mulyo Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul, Kamis (07/03/24).

Dikatakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Ahmad Nuril Alam, kegiatan Operasi Pasar Murah yang saat ini tengah digencar-gencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam mengatasi laju inflasi didaerah ini selaras dengan salah satu program yang ada di Kejaksaan Negeri terkait upaya menjaga ketahanan pangan.

“Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi dan sinergi serta kepedulian Kejaksaan Negeri bersama Pemkab Muara Enim dalam menjaga stabilitas harga pasar dan meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan,”tutur Kajari.

Bupati Muara Enim yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) H Ahmad Yani Heriyanto menyambut baik sekaligus mengapresiasi Kejari Muara Enim atas terselenggaranya Operasi Pasar Murah di Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul pagi tadi.

Usai sebelumnya melakukan monitoring harga dan ketersedian bahan pokok di Pasar Impres dan Pasar Tanjung Enim, dikatakan oleh Plt. Asisten II bahwa saat ini ketersediaan dan harga bahan pokok masih cenderung cukup stabil, dirinya mendapati adanya penurunan beberapa komoditi salah satunya harga cabai yang sebelumnya sempat menyentuh angka Rp.100.000-, turun menjadi Rp.80.000,- per kilogram.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita semua selaku pemangku kepentingan di Kabupaten Muara Enim untuk menjaga kestabilan harga dan meningkatkan daya beli masyarakat ditengah lonjakan harga mendekati Bulan Suci Ramadhan, kita berharap sinergi seperti ini akan terus berkesinambungan dan ditingkatkan. Selamat berbelanja dan tolong jaga ketertiban,”pungkas Plt. Asisten II.

Sama seperti sebelumnya, pada kegiatan operasi pasar murah yang dihadiri unsur Forkopimda ataupun yang mewakili, TPID Kabupaten Muara Enim, segenap Kepala Perangkat Daerah, dan Camat Lawang Kidul pagi tadi menjajahkan beragam komoditi kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, gula, minyak, susu kental manis, cabai, telur, daging ayam, dan komoditi perikanan yang telah disubsidi melalui APBD Kabupaten Muara Enim sehingga lebih murah Rp3000-, s.d Rp10.000-, dari harga pasaran.(hms)