BANYUASIN | Populinews.com – Setelah menormalisasi Sungai Boom Berlian, kini giliran Sungai Gasing Kelurahan Tanah Mas Indah, Kecamatan Talang Kelapa dinormalisasi. Hal ini guna mengatasi Banjir yang sering terjadi di sekitar lokasi Sungai Gasing.

Didampingi oleh Sekretaris Daerah, Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA, IPU., ASEAN. Eng, Plt. Kepala Dinas PUPR Banyuasin, Ir. Apriansyah, ST., MM, Kepala Dinas Perkimtan Banyuasin, Ir. H. M. Riyan Aditya Saputra, MT., ASEAN. Eng, Kepala DPMPTSP Banyuasin, Dr. Drs. H. Ali Sadikin, M. Si, Inspektur Banyuasin, ir. Zakirin, SP., MM.,CGCAE, dan Kepala Disperindag Kabupaten Banyuasin, Ir. Alpian. MM, melaunching normalisasi Sungai Gasing, Rabu (13/03/2024).

Kegiatan normalisasi Sungai Gasing ini ditandai dengan launching penggunaan alat amphibious untuk menormalisasi Sungai Gasing oleh Pj. Bupati Banyuasin. Hani Syopiar Rustam juga berkesempatan langsung memantau keadaan Sungai Gasing, mencoba penggunaaan Amphibious dan mengeruk sungai sebagai simbolis bahwa normalisasi dimulai.

Hani S. Rustam mengatakan bahwa menghadapi pancaroba dan musim hujan, maka sangat diperlukan normalisasi beberapa sungai yang ada di Kabupaten Banyuasin agar aliran sungai maksimal dapat bekerja dengan baik sehingga banjir dapat ditanggulangi.

“Sepanjang 2, 9 km dari Tanjung Menang sampai ke Tanah Mas dilakukan pernormalisasian, ini bukti nyata Pemerintah Kabupaten Banyuasin hadir untuk melayani masyarakat. Pesan saya agar masyarakat Banyuasin bersama menjaga lingkungan, tidak membuang sampai sembarangan ke sungai, ” tutupnya.

Kedatangan Pj. Bupati Banyuasin disambut juga oleh masyarakat sekitar Sungai Gasing yang melihat langsung lauching penggunaan Amphibious. Ucapan terima kasih disampaikan oleh Ibu Uliana dan masyarakat sekitar dengan adanya pengerukan Sungai Gasing ini.

“Alhamdulillah akhirnya ada peran Pemkab Banyuasin yang nyata, terima kasih Pj. Bupati Banyuasin dengan adanya penggerukan aliran Sungai Gasing ini sehingga aliran air lancar saat hujan deras agar tidak ada lagi banjir di Komplek kami Al-Ghony yang terletak persis di pinggiran sungai ini,” ucapnya.

Setelah melaunching, Pj. Bupati Banyuasin meninjau pabrik Air Minum Cleon yang ada di Kelurahan Tanah Mas dan meninjau jalan alternatif yang akan diaspal dalam rangka penanggulangan macet menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H dari Kelurahan Tanah Mas sampai titik exit jalan tol Musi Pahit. (atk/diskomf)