SULUT | Populinews.com – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan supervisi dan penelitian terkait Polisi Siber di Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran, di Manado, Senin (18/3/2023).

Supervisi dan penelitian bertajuk, “Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber (Cyber Police) di Satuan Kewilayahan Dalam Rangka Mewujudkan Polri 4.0”, dipimpin Kapuslitbang Polri Brigjen Pol Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta.

Kapuslitbang Polri Brigjen Pol Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta mengatakan, supervisi dilaksanakan selama tiga hari, mulai 18 hingga 20 Maret 2024, sedangkan penelitian dilaksanakan selama empat hari, mulai 18 hingga 21 Maret 2024.

“Maksud kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data, masukan, dan informasi terkait pengembangan SDM Polisi Siber. Sedangkan tujuannya adalah mengidentifikasi dan pemetaan SDM Polisi Siber setelah dilakukan pengembangan/penataan struktur organisasi direktorat satuan/unit cyber crime di tingkat Polda dan Polres,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan mengatakan menyambut baik sekaligus mendukung kegiatan supervisi dan penelitian ini.

“Selamat datang di Polda Sulut kepada Kapuslitbang Polri beserta tim supervisi dan tim penelitian, selamat melaksanakan tugas, semoga berjalan dengan baik sesuai rencana. Kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh,” kata Yudhiawan saat membuka kegiatan itu.

Usai pembukaan yang dilaksanakan di ruang Tribrata Mapolda Sulut, dilanjutkan dengan diskusi antara tim supervisi dan penelitian Puslitbang Polri bersama Karo SDM, Dirreskrimsus, Dirreskrimum, Dirresnarkoba, Kasubdit Siber, dan para Penyidik Siber Polda Sulut.

Kemudian pengisian kuesioner kepada seluruh anggota Polri yang bertugas pada fungsi siber di Polda Sulut, anggaran, sarana dan prasarana, dan jumlah tindak pidana siber tiga tahun terakhir serta observasi sarana dan prasarana fungsi siber.

Kegiatan serupa selanjutnya dilaksanakan di beberapa Polresta, Polres jajaran Polda Sulut, yakni di Mapolresta Manado diikuti oleh Polresta Manado dan Polres Bitung.

Kemudian di Mapolres Minahasa diikuti Polres Minahasa dan Polres Minahasa Utara, pada Selasa (19/3), serta di Mapolres Minahasa Selatan diikuti Polres Minahasa Selatan, Polres Kotamobagu, Polres Bolaang Mongondow, dan Polres Bolaang Mongondow Timur, pada Rabu (20/3/24). (hms)