MUARAENIM | Populinews.com – Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Muara Enim ikuti Sosialisasi Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) Digital Leadership Government Award Tahun 2024 melalui Aplikasi Zoom Meeting, Kamis pagi (21/03/24). Dalam sosialisasi yang diikuti oleh Pemda dan Pemprov se-Indonesia pagi tadi, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Diskominfo SP Iwan Setiawan turut hadir selaku perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim.

Untuk diketahui, ADLG Awards merupakan penghargaan kepada para Sekda di seluruh Indonesia sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan melalui pelaksanaan regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Satu Data Indonesia, serta Smart Province dan Smart City.

Ada 8 (delapan) kategori dalam ADLG Awards 2023 ini. Pertama, Vision yaitu berbagi visi tentang budaya digital dan transformasi digital. Kedua, Engagement, yaitu melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewujudkan visi digitalisasi. Ketiga, Governance yaitu membangun tata kelola digital yang kuat untuk mengarahkan transformasi digital.

Keempat, Technology Leadership yaitu menggabungkan Teknologi Informasi (TI) dengan proses bisnis organisasi untuk layanan digital terpadu. Kelima, Building Talent yaitu membangun kompetensi SDM untuk mampu mendukung perubahan. Keenam, Leading Change & Influence yaitu mengarahkan perubahan dan pembentukan inovasi. Ketujuh, Collaboration yaitu membangun sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam pencapaian sasaran pembangunan. Kedelapan, The Best Digital Leadership Government yaitu tentang kepemimpinan berbasis digital.

Adapun mekanisme penilaian dilakukan dengan berbasis aplikasi, mulai dari pendaftaran, pengukuran Indeks Digital Leadership dan Digital Capability Daerah. Kemudian dilanjutkan dengan paparan bagi kandidat yang lolos seleksi di depan Menteri Dalam Negeri RI, lalu validasi lapangan, penilaian akhir, dan pengumuman pemenang penghargaan.

Sementara untuk tim penilaian dalam ADLG Awards tahun 2024 ini terdiri dari Menteri Dalam Negeri RI, Praktisi IT, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) , Akademisi, Kemenpan RB dan perwakilan dari Kemenkominfo.(hms)