LAHAT | Populinews.com – Taman Wisata Ayek Lematang yang berada di kawasan Desa Selawi, Kecamatan Kota Lahat, Kabupaten Lahat yang baru saja selesai direnovasi, kini menjadi tempat paling ramai dikunjungi warga dari berbagai penjuru Kota Lahat, bahkan dari luar daerah, seperti Pagar Alam, Muara Enim dan Lubuk Linggau.

Berdasarkan pantauan populinews.com, kehadiran taman wisata ini ternyata menjadi magnet yang mampu mengundang keinginan warga untuk datang dan menikmati sajian alam sungai Lematang dengan germecik airnya yang khas, termasuk bebatuan yang bertebaran di badan sungai.

Ketertarikan pengunjung ke lokasi ini tidak saja karena disediakan tempat bersantai, tapi juga karena taman bunga yang tertata. Tak hanya itu, jika pengunjung datang di sore hari, mentari sore akan menambah pesona ini dan sayang jika dilewatkan untuk berfoto.

Tak hanya itu, di lokasi juga terdapat bendungan PDAM Tirta Lematang Lahat. Keberadaanya tidak saja sebagai penyedia air bersih bagi warga Lahat namun bangunan tersebut berpadu serasi dengan taman Ayek Lematang sehingga pengunjung yang datang akan terpukau.

Di lokasi, pengunjung juga akan mengenal pabrik pengolahan batu kali yang berada persis di samping taman.

Udara yang sejuk dan hembusan angin tak salah memang jika lokasi ini saat ini menjadi idola baru bagi warga untuk berwisata, bersantai bersama keluarga dan teman teman.

“Senang berkunjung ke sini. Sejak dibangun taman lokasi ini sungguh luar biasa. Tempatnya nyaman, sejuk dan tentunya indah. Di sini juga kita bisa melihat kekuasaan Allah. Air sungai yang mengalir ditambah panorama alam sekelilingnya ini ciptaan yang luar biasa,” ujar Luriana (25) salah satu pengunjung saat bersantai bersama teman temanya.

Ayek Lematang digesa serius setelah Pj Bupati Lahat Muhammad Farid dilantik oleh Mendagri sekitar empat bulan lalu. Dimasa bupati sebelumnya, objek wisata ini juga masuk program prioritas pembangunan pariwisata di Kabupaten Lahat, namun belum selesai dikerjakan.

Pembangunan taman Ayek Lematang ini, dimata Pj Bupati Muhammad Farid, merupakan hal penting dilakukan, karena objek wisata ini memiliki karakter wisata alam yang tidak dimiliki daerah lain. Di lokais ini juga disediakan stand jajanan khas bagi pengunjung, sehingga tidak sulit bagi pengunjung untuk mencari makanan.

“Taman ini kita sajikan untuk bersantai tentunya dengan sarana pendukung. Kita berhatap taman ini juga akan menjadi bagian dari destinasi para wisatawan saat datang ke Lahat selain berkunjung ke komplek megalit, air tejun dan objek wisata lain di Lahat,” ujar Muhammad Farid dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu. (*)