LAHAT | Popuinews.com – Kabupaten Lahat berhasil mencapai IBL (Imunisasi Baduta Lengkap) dan imunisasi T2+ bumil tertinggi tingkat nasional dalam evaluasi nasional yaitu 34,42%. Capaian ini menempatkan Lahat masuk 10 besar dalam peringkat IDL (Imunisasi Dasar Lengkap) tingkat nasional.

Kadinkes Kabupaten Lahat Taufiq Maryansa Putra SKM, MM, didampingi Kabid P2P ibu Aiwa Marlina, SKM. MM, mengatakan pada evaluasi imunisasi oleh Kemenkes, ada 4 kabupaten di Sumsel yang berhasil meraih prestasi tinggi, masing-masing adalah Kabupaten Lahat, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin dan Musi Rawas.

Keberhasil Kabupaten Lahat ini, tidak terlepas dari dukungan PJ Bupati Lahat Muhamad Farid SSTp, MSi yang terus memacu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk seluruh sektor.

Seperti upaya peningkatan kesehatan anak termasuk imunisasi untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh terhadap penyakit tertentu (Hepatitis, TB, Dipteri, Pertusia, Polio atau lumpuh layu serta Campak) .

IDL adalah imunisasi Dasar Lengkap diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun yaitu imunisasi HB0, BCG, DPT 3 dosis, polio 4 dosis, dan MR (Campak).

Sedangkan IBL adalah imunisasi Baduta (Bawah Ddua Tahun) Lengkap adalah Imunisasi Dasar ditambah DPT – HB – Hib serta campak usia 18 bulan. Begitu pula T2 bumil untuk imunisasi tetanus pada ibu hamil.

Dengan pelaksanaan dan capaian imunisasi tercapai dengan baik dapat meningkatkan kesehatan pada ibu hamil, bayi dan balita sehingga dapat mencegah stunting dan pengendalian penyakit PD3i (penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi).

Ini juga prestasi yang dicapai berkat kerja bersama dan bersinergis semua elemen yang ada di masyarakat, Puskesmas dan jaringannya, klinik, serta lintas sektor. ”Salam sehat untuk Lahat berfaedah dan bermartabat,” ujar Kadinkes. (lh)