PALEMBANG | Populinews.com – Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Pelatihan dengam tema, “Membangun Narasi dengan Konten Kreatif”.

Acara yang berlangsung di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (30/4/2024) dihadiri oleh seluruh perwakilan Diskominfo Kabupaten/Kota se Provinsi Sumsel, termasuk Dinas Kominfo Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, Rika Efianti SE MM mengatakan, dalam kegiatan ini akan dilakukan pelatihan dan penyampaian materi yang meliputi layanan publik dan media publikasi, sharing session media publikasi, dan penyampaian materi cara mudah memproduksi konten kreatif dengan memanfaatkan teknik editing sederhana dengan menggunakan capcut dan canva.

“Pemanfaatan media sosial telah menjadi fenomena yang signifikan dalam menyebarkan informasi di berbagai bidang. Dalam era digital ini, media sosial, seperti Instagram, telah menjadi platform yang populer bagi setiap instansi dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah untuk berinteraksi dengan masyarakat dan menyebarkan informasi terkait program-program mereka,”ujarnya.

Rika juga menyebutkan, penyebaran arus informasi begitu cepat dan masif dihampir semua platform digital terutama, media sosial. Instansi pemerintahan sebagai corong informasi bagi masyarakat, harus mampu menyajikan konten kreatif. Agar masyarakat dapat dengan mudah menerima dan menyerap informasi yang disampaikan. Penyebaran arus informasi begitu cepat dan masif dihampir semua platform digital.

“Oleh karena itu, dalam kegiatan ini akan dilakukan berbagai kegiatan antara lain pelatihan bersama Diskominfo Provinsi, Kabupaten/Kota se-Sumsel, dan inisiasi diseminasi dan dokumen kerjasama bersama Diskominfo Provinsi dan KPK RI,”pungkasnya.

Dikatakan Kepala Biro Humas KPK RI, Yuyuk Andriati Iskak, kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antar Pemprov Sumsel melalui Diskominfo Sumsel bekerjasama dengan KPK RI agar penyampaian kinerja-kinerja pemberantasan korupsi yang telah dan akan dilakukan KPK terhadap publik dapat terlaksana dengan baik. Selaain itu juga meningkatkan kolaborasi dan memperkuat sinergi antar lembaga pemerintah untuk mendukung perwujudan transparansi, partisipasi publik, dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui pemanfaatan media digital dan diseminasi.

“Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan kuantitas produksi bertema KPK, mengelola kerja sama dengan para stakeholder, serta meningkatkan kualitas hubungan media antara Bagian Pemberitaan dengan awak media. Selain itu, kegiatan ini juga Sebagai Langkah awal dalam membina hubungan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika daerah,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP yang turut hadir pada acara tersebut mengungkapkan, Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo Muba sangat mendukung penyebaran informasi melalui konten-konten kreatif yang berkualitas dalam bentuk teks, gambar, video dan media sosial.

“Baik tentang pembangunan yang akan dan telah dilakukan Pemerintah, maupun informasi lainnya yang bermanfaat untuk masyarakat yang bersifat informatif maupun edukatif. Termasuk menyampaikan informasi terkait berbagai upaya dan langkah-langkah KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia,”ujarnya.(hms)