BALIKPAPAN | Populinews.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII 2024 di kota Balikpapan mengusung tema apeksi untuk negeri Indonesia, tersirat banyak pesan dari Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo kepada seluruh Penjabat Daerah Walikota dan Bupati dalam memajukan suatu daerah.

Dua pesan tersebut diantranya menjadikan sebuah kota hijau dan kemajuan sebuah kota dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit harus mulai diubah.

Sebuah kota, dijelaskan Presiden mesti ramah pejalan kaki, ramah disabilitas, ramah pesepeda, ramah perempuan dan anak serta ramah lingkungan.

“Maka dari itu kota yang memenuhi dua hal tersebut itu baru saya lihat dan rasakan di kota Balikpapan dan Surabaya,” motivasinya saat membuka rakernas Apeksi ke XVII di Balikpapan.

Ditempat yang sama, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menambahkan jika bekerja itu harus memiliki inovasi dan inovatif agar memiliki trobosan baru dan tantangan dalam bekerja.

“Termasuk dalam menghadapi Pemilihan kepala daerah secara serentak baik Gubernur, Walikota dan Bupati,” singkatnya.

Penjabat Sekertaris Daerah Gunawan menanggapi arahan dan pesan dari Presiden RI Jokowi bahwa kita harus bisa menjadikan kota Palembang yang maju dengan tetap mengedepankan konsep hijau alamnya dan serta Membangun pedestrian juga mesti menyiapkan pohon sebagai peneduh untuk pejalan kaki, sebab kita ini negara tropis yang panas.

“Ini merupakan tantangan untuk lebih baik karena ada dua kota yang menjadi contoh agar kita bisa memotivasi untuk lebih baik lagi,” tutupnya.(hms)