Belasan Rumah dan Bedeng di Serengam 32 Ilir Ludes Terbakar

214 views

Keitka Api mulai berkobar di Lorong Serengam 32 Ilir Palembang, Rabu (6/8/2020) malam

PALEMBANG | Populinews.com — Kebakaran kembali melanda kota Palembang, Kamis (6/8/2020). Kali ini di terjadi di Lorong Serengam, Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II. Belasan rumah ludes tinggal puing. Kebakaran terjadi sekira pukul 19.45 WIB.

Pantauan populinews.com di lokasi kejadian terlihat sejumlah warga panik dan berlarian merebut barang-barang berharga dari kediaman masing-masing untuk diselamatkan. Sementara di jalan lorong banyak ibu dan anak-anak yang menangis berhamburan menyelamatkan diri, sambil membawa barang-barang dari rumahnya.

Warga yang panik dan berupaya menyalamatkan anak-anak serta barang-barang berharga di rumah masing-masing.

Petugas pemadam kebakaran bersama warga berjibaku berupaya menyemprot air dari selang mobil yang dijulurkan sejauh kurang lebih 30 meter. Petugas agak kesulitan untuk mendekat mendekat karena bangunan rumah penduduk yang dilapap api berada di dalam lorong yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Beberapa warga menyebutkan kejadian ini diduga berawal dari ledakan tabung gas dari salah satu rumah. Namun, hingga berita ini dirilis belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian, menegenai sumber api tersebut.

“Kami tadi baru selesai Isya Yasinan karena malam jumat. Tiba – tiba ada orang teriak kebakaran dan warga langsung berhamburan keluar rumah, menyelamatkan diri,” ujar Ahmad, salah seorang warga setempat.

Ia menambahkan kebakaran terjadi sekitar pukul 20:30. Kobaran api cepat sekali membesar dan menjalar ke rumah-rumah yang berada di sekitarnya. Api leluasa merambat karena sebagian besar rumah penduduk kampung ini terbuat dari kayu. Saat kejadian tiupan angin juga kencang, membuat api yang berkobar cepat menyebar.

Puing bangunan yang tersisa

”Warga berteriak kebakaran, setelah api membubung tinggi. Meski pun saat itu ada banyak orang, tapi sudah tak bisa lagi berbuat banyak. Ditambah lagi air sulit diperoleh. Mobil Damkar baru datang setelah sekitar 30 menit kemudian,” tambah Ahmad.

Untuk memadamkan api petugas dari dinas pemadam kebakaran kota Palembang mengerahkan 15 unit mobil pemadam.

Kapolsek Ilir Barat II Kompol Dudy Novery SE didampingi Kanitreskrim Iptu Firman SH, terlihat datang langsung ke lokasi kejadian. Keterangan sementara yang diperoleh dari laporan anggotanya, mengatakan di Lorong Serengam I ada dua RT yang terbakar, namun tidak ada korban luka dan korban jiwa.

“Alhamdulillah untuk korban baik yang luka-luka maupun korban jiwa sementara malam ini belum ada. Hanya kerugian material rumah yang terbakar,” ungkap Kapolsek.

Sementara ini yang baru terdata oleh pihak kepolisian ada 10 rumah dan 1 bedeng yang terbakar. “Untuk penyebab dari kebakaran ini masih dalam penyelidikan. Rencananya besok pagi baru akan dilakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi saksi yang mengetahui kejadian,” ujarnya. (red)

Bagikan :

Posting Terkait