LAHAT | Populinews.com — Pengurus TP.PKK Kabupaten Lahat membagikan kain batik, tas kerja dan masker untuk PPKBD (Kader KB), Rabu (12/08) di rumah Dinas Pendopoan Bupati Lahat. Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Lahat Lidyawati Cik Ujang, didampingi beberapa pengurus lainnya.

Hadir dalam prosesi ini Kadis Dalduk dan KB kabupaten Lahat Ujang Kurniawan, SE.MM beserta jajarannya, serta anggota PPKBD dari 24 Kecamatan yang sempat hadir.

Ketua TP- PKK Kab Lahat Ny. Lidyawati Cik Ujang dalam arahannya terkait dengan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,sesuai dengan surat edaran Presiden RI yang disampaikan langsung ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian pada hari Senin lalu menegaskan organisasi yang dipimpinnya siap melaksanakan instruksi Presiden untuk ikut terlibat langsung dalam gerakan bagi masker dan sosialisasi protokol kesehatan.

Dengan jumlah kader sebanyak 4,5 juta orang yang tersebar di kota dan desa, PKK akan all out membagikan masker yang akan disebarkan tidak dikota saja tetapi dibagikan sampai ke desa-desa.Tim Pengerak PKK di Kecamatan maupun di desa dapat digerakkan untuk pembagian secara langsung ke masyarakat desa.

Tidak hanya itu, Tri Tito Karnavian mengatakan dalam rapat Koordinasi Pencapaian Target Realisasi APBD 2020 dan sosialisasi mengenai penggunaan masker, cuci tangan, serta jaga jarak untuk perubahan perilaku baru di masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam acara tersebut dihadiri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kepala BNPB Doni Monardo, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, para Gubernur se-Indonesia, Bupati dan Walikota se-Indonesia Ketua TP. PKK Provinsi, Kabupaten dan Kota serta para Kepala BPBD Provinsi.

Di lanjutkanya Ketua TP. PKK Kabupaten Lahat Ny.Lidyawati Cik Ujang menyampaikan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini harus di mulai dari diri sendiri,yang mana mesti mendisiplinkan diri untuk memakai masker.Masker juga dapat digunakan hanya 1 kali dalam satu hari dan juga dapat di cuci menggunakan air hangat dan sabun.

Selain itu Ketua TP. PKK Lahat memberikan kesempatan untuk tanya jawab,yang dapat menjawab dengan benar akan diberikan doorpraise dari Ketua TP.PKK Lahat serta mengamati cara mencuci tangan dengan benar, tentang sayur hayati,terkait program BKKBN ,fungsi masker dan juga tentang stunting.

“Kami berharap agar Kader PPKBD dapat memahami maksud kegiatan pagi hari ini untuk mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta dapat membagikan masker.”harapnya

Adapun jumlah untuk seluruh kader total 377 PPKBD se-Kabupaten Lahat.Bagi Kader PPKBD yang mempunyai ataupun berlebih masker dapat dibagikan kemasyarakat guna penyaluran dapat tepat sasaran dan merata.

“Kami mohon kerja sama dan partispasi bersama agar program ini dapat terlaksana dengan baik,” tuturnya. (*) Rochmi