LAHAT | Populinews.com — Sekda Lahat Januarsyah Hambali, SH.MM, membuka resmi Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata Rumah Wisata, Selasa(03/11), di Ballroom hotel Calista Lahat yang di mulai dari tanggal 3-5 November 2020.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pariwisata beserta jajaranya, OPD Kabupaten Lahat yang sempat hadir,para owner homestay dan wisata serta penggiat wisata yang ada di Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat M. Safrani, SH dalam laporanya menyampaikan sesuai dengan arahan Bupati Lahat Cik Ujang,SH pada pembukaan wisata Sindang panjang beberapa hari yang lalu untuk memberikan pelatihan managemen pengelolaan homestay dan wisata yang ada di Kabupaten Lahat.

Di sampaikanya juga jumlah para peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 56 orang yang berasal dari utusan Kecamatan yang memiliki homestay atau Pondok Wisata atau rumah wisata.Para peserta akan diberikan materi mengenai pengetahuan manajemen homestay atau Pondok Wisata atau rumah wisata serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kepariwisataan.

“Sebagai narasumber pada pelatihan ini berasal dari antara lain universitas atau politeknik pariwisata Provinsi Sumatera Selatan dan unsur dari pemerintah Kabupaten Lahat.”sampainya.

Sementara Sekda Kabupaten Lahat Januarsyah Hambali,SH.MM dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan bahwa para peserta akan di berikan pengetahuan mengenai managemen homestay maupun pondok wisata yang merupakan salah satu sarana pendukung penting dalam usaha industri pariwisata.Gal ink masuk dalam aksebilitas amenitas dan atraksi dalam kepariwisataan.

Tidak hanya itu dalam management homestay maupun pondok wisata perlu di promosikan mengenai bentuk budaya dengan produk yang dihasilkan dalam Pondok Wisata atau wisata kamar serta pelayanan lainnya.Potensi homestay desa wisata dalam menggerakkan ekonomi Desa akan menjadikan amenitas utama yang akan diaplikasikan dengan kelengkapan maksudnya yang akan dikembangkan di destinasi prioritas dalam pengembangan homestay di Kabupaten Lahat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada narasumber dan semoga ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pengelola homestay wisata di Kabupaten Lahat.Kepada para peserta diharapkan dapat sungguh-sungguh mengikuti setiap sesi dan materi yang disampaikan oleh narasumber untuk membenahi homestay maupun pondok wisatanya,” harapnya. (hms)