Suasana pemakaman Almarhum Sekda Kab. Lahat, Januarsyah, di TPU Kota Baru Kecamatan Lahat, Minggu (20/12/2020) (f/ist)

LAHAT | Populinews.com – Setelah wafatnya dua pejabat teras di Lingkungan Pemkab Lahat, sedikitnya 17 pejabat terdiri dari kepala bagian hingga staf telah menjalani tes swab massal. Selain itu, tim gugus tugas juga melakukan tracking terhadap 55 orang, yang terdiri dari keluarga pejabat tersebut.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Lahat Taufiq M Putra, SKM, M.Kes, membenarkan ihkwal ini. Swab dilakukan sejak sepekan lalu menyusul meninggalnya Kepala Balitbangda Kabupaten Lahat, Agung Pribadi, karena terkonfirmasi positif covid. Almarhum telah dimakamkan sesuai protokol kesehatan beberapa hari lalu.

Menyusul kemudian, Minggu (20/12/2020) pagi, Sekda Kabupaten Lahat, Januarsyah Hambali, SH. MM, berpulang ke rahmatullah, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Palembang. Almarhum dikebumikan di TPU Kota Baru Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat pada pukul 16.00 WIB, juga dilakukan dengan protokol kesehatan.

Tersiar kabar, almarhum Januarsyah sempat mengalami kritis karena diduga terpapar covid 19. Almarhum sebelumnya memang memiliki riwayat penyakit yang tergolong akut. Namun, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak rumah sakit.

Kedua pejabat sebelum meninggal sempat mengikuti acara outbond di Bogor, Jawa Barat bersama puluhan pejabat OPD di lingkungan Pemkab Lahat lainnya. Meski demikian, Taufiq membantah apabila kepergian kedua pejabat menghadap Sang Khalik dikait-kaitkan dengan outbond di Bogor.

“Almarhum Pak Agung Pribadi meninggal karena memang menderita gejala penyakit pendamping lainnya, termasuk Almarhum Pak Sekda, beliau juga ada gejala penyakit akut lainnya. Bukan karena outbond tapi memang ada gejala penyakit lain,” katanya.

Taufiq juga mengingatkan semua warga agar warga disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Selain itu, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, olahraga secara teratur agar imunitas tubuh kuat. Kemudian berdoa agar pandemi covid19 bisa segera berlalu.

“Ini bukti nyata bahwa virus itu ada. Jadi jangan disepelekan. Lakukan protokol kesehatan, olahraga, pola hidup bersih dan sehat serta berdoa,” tegasnya.

Mengenai kapan hasil Swab para pejabat dan keluarganya akan dikeluarkan pihak Laboratorium Dinas Kesehatan Sumsel, Taufik memperkirakan dalam sepekan ke depan.

Sementara itu, Update Covid-19 di Kabupaten Lahat, per Sabtu (20/12/2020), secara akumulasi berjumlah 386 orang. Lalu meninggal 28 orang. Kemudian pasien sembuh 339 orang. Serta dalam prosea penyembuhan sebanyak 20 orang.

Bupati Lahat Cik Ujang di lokasi terpisah, ketika diminta tanggapannya hanya menyatakan jika pemerintah kabupaten Lahat sedang berduka. “Kita sedang berduka, beliau (Januarsyah-red) adalah putra terbaik Lahat. Beliau meninggal karena ada gejala penyerta penyakit lainnya,” jelasnya singkat. (dm)

Penulis : Dahri Maulana