LAHAT | Populinews.com — Gubernur H, Herman Deru, Sabtu,13/03/2021, meresmikan sejumlah proyek infrastuktur yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019-2020, di Kabupaten Lahat.

Kegiatan yang berlangsung di Jalan Lingkar Luar Lahat Simpang Talang Kabu RT.12 RW.04 Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, itu dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang, SH. Wakil Bupati Lahat, Pj Sekda, unsur Forkompimda Lahat, Anggota DPRD, serta seluruh Kepala ODP, Camat dan para Lurah dan Kades.

Kepala Dinas Pengelolahan Sumber Daya Air Provinsi, H. Herwan, mmenyampaikan pembangunan infrastruktur di kabupaten Lahat melalui APBD Sumsel tahun 2019 – 2020 merupakan belanja bantuan bersifat khusus dengan total tahun 2019 sebesar Rp. 48,3 Miliar dan tahun 2020 sebesar Rp 158,2 Miliar.

Adapun pemanfaatan anggaran tersebut dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Lahat. Dalam upaya pengentasan kemiskinan. Peningkatan pelayanan masyarakat dan untuk mendukung pembangunan daerah serta meningkatkan potensi daerah.

Adapun pembangunan yang dilakukan berupa perbaikan Jalan antara lain: peningkatan jalan batas Kabupaten Muara Air Dingin — Peningkatan Jalan Muara Siban, Embacang, — Pembangunan 3 jembatan penghubung yaitu jembatan Tanggai 1 tahap 2.  Bangunan Jembatan Air Mulak Kabupaten Lahat, —  pembangunan jembatan Air Lematang, — Peningkatan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat Kabupaten Lahat melalui peningkatan Jalan Lingkar Timur (jalan manggul batai), peningkatan Jalan Poros Gedung Agung, Nanjungan Tanjung Lontar.

Kemudian peningkatan aksesibilitas masyarakat menuju pusat-pusat kegiatan ekonomi dan sosial, yaitu pembangunan tahap 1 Rumah Sakit Pratama — Meningkatkan kualitas permukiman melalui pembangunan prasarana dan sarana umum di kawasan permukiman antara lain:

Peningkatan jaringan perpipaan SPAM kota Lahat — Peningkatan jaringan perpipaan SPAM KK Desa Bunga Mas, — Pembangunan PSU permukiman di Kabupaten Lahat di Kelurahan Bandar Jaya Kecamatan Lahat, di kecamatan Tanjung Sakti Pumi, di Desa Tanjung Menang Kecamatan Jarai, Desa Manggul Dusun IV Sage Kecamatan Lahat, di Desa Rimbang Kemambang.

Kemudian pembangunan Cor Beton, jalan desa Sido Makmur kecamatan Kikim Barat,  Desa Purwosari Kecamatan Kikim Barat. Meningkatkan kualitas daerah irigasi dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan yaitu Rehabilitas di Air mana 1 Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat, Rehabilitas di Desa Air Bohong Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat, Rehabilitasi Air Mulak dan Meningkatkan ketahanan bencana yaitu: pengendalian banjir melalui perkuatan tebing Sungai Desa Sindang panjang.

Bupati Lahat Cik Ujang, mengucapkan ribuan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Selatan beserta jajarannya yang Telah hadir dalam acara hari ini dan sudah membantu pembangunan pembangunan di bumi seganti setungguan sehingga masyarakat Kabupaten Lahat dapat menikmati dan menggunakan sarana yang telah diberikan.

”Kami dari pemerintah Kabupaten Lahat minta kepada Gubernur Sumatera Selatan atas usul-usulan pembangunan di Kabupaten Lahat dapat diselenggarakan, guna menuju Sumsel maju untuk semua dan menuju Lahat semakin bercahaya,” ucapnya.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam kesmepatan ini mengatakan, meski dalam situasi pandemi covid 19, pembangunan infrastruktur di Provinsi Sumatera Selatan harus tetap dijalankan khususnya di Kabupaten Lahat yang akan diresmikan pada hari ini. Sebab salah satu strategi dalam menentukan perekonomian masyarakat adalah peningkatan infrastruktur

Ia menambahkan pembangunan infrastruktur yang belakang ini terus digeber pemerintah provinsi Sumsel diharapkan dapat bermula pada terbentuknya konektivitas antar daerah yang guna mempercepat tumbuhnya perekonomian bagi masyarakat Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Lahat.

”Dan saya sangat bangga kepada Bupati Lahat Cik Ujang, SH dan jajaran di karena Kabupaten Lahat ini pandai merayu apapun yang dipinta nya susah ditolak di bidang pembangunan dengan ini saya berharap pembangunan-pembangunan di Kabupaten Lahat dapat berguna bagi masyarakat Kabupaten Lahat,” (Ninti)