Wabup Lahat, H. Haryanto SE, MM, menyerahkankan piala untuk pemenang lomba Balita Sejahtara. (f/ist)

LAHAT | Populinews.com — Pemerintah Kabupaten Lahat melaksanakan kegiatan Lomba Balita Sejahtera. Jumat (09/04/2021) bertempat di Ball Room Hotel Grand Zuri Lahat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wabup Lahat H. Haryanto, S.E., M.M., Asiten I, Ketua TP PPK Kab. Lahat Lidyawati Cik Ujang dan Jajaranya, Ketua GOW Sumiati, S.Pd , Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Lahat, Ketua Persit Dim 0405/Lahat, Ketua bhayangkari Lahat, Perwakilan Puskesmas dan para peserta lomba.

Sekretaris Dinkes Lahat Hj Elisyah Aryani.SKM.M.Kes sebagai ketua pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas manusia melalui upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita yang di mulai sejak dini sehingga tercipta proses tumbuh kembang anak secara optimal”, ucapnya.

Kemudian tujuan khususnya adalah meningkatkan kemampuan orang tua dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal, meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pembenahan kesehatan serta Meningkatkan kesadaran dan kemandirian yang ada pada masyarakat.

“Dengan jumlah Peserta yakni utusan dari 33 Puskesmas di kabupaten Lahat dengan kategori umur 6-23 bulan sebanyak 33 orang dan umur 24- 5 tahun sebanyak 33 anak,”Jelasnya.

Wabup Lahat H. Haryanto mengatakan di era global ini kita harus memberikan lingkungan sosial, pendidikan dan tata pergaulan yang baik bagi anak kita, dengan cara itu anak – anak akan dapat tumbuh dan berkembang.

Kemudian Pemerintah memberikan perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pemerintah juga memberikan peluang yang besar pada program program inovatif yang dapat meningkatkan kecerdasan kebugaran dan kesejahteraan bagi anak-anak .

Dan melalui lomba Balita sejahtera ini secara tidak langsung akan memberikan dampak pada pembinaan balita yang lebih baik dan untuk mencapai pembangunan di bidang kesehatan yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM ) di mana masyarakat harus tetap di motivasi untuk memelihara balita dan keluarganya.

saya ucapkan selamat kepada balita yang terpilih semoga dapat menjadi motivasi bagi yang lain dalam menumbuh kembangkan keluarga dan anak, dan juga kami ucapkan terimakasih kepada panita atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya. (Ninti)