Libatkan TNI dan Polri, Palembang Gelar Vaksinasi Massal Serentak di 18 Kecamatan

144 views

Warga mengantri mengikuti vaksinasi massal di Kecamatan Kemuning Palembang. (f/ist)

PALEMBANG | Populinews.com – Pemerintah Kota Palembang bekerjasama dengan TNI dan Polri (tiga pilar) menggelar vaksinasi massal secara serentak di 18 Kecamatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya percepatan pencapaian target, minimal 70% hingga akhir Oktober 2021, sebagamana instruksi Mendagri.

Walikota Palembang melalui Asisten I Pemerintahan kota Palembang, Faizal AR, mengatakan langkah ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi sesuai dengan instruksi Kemendagri, yang menegaskan aagar kota Pslembang segera melakukan percepatan vaksinasi.

”Karena itu, sekaran gini kita mulai serentak di 18 Kecamatan. Kami juga berterima-kasih atas dukungan dan kerjasama dari TNI dan Polri,” ujar Faizal, saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal di Kantor Kecamatan Kemuning, Jalan Pipa Reja Palembang, Kamis (14/10).

Dalam kegiatan vaksinasi massal ini, pihak Kecamatan Kemuning mengarahkan tenaga medis dari Puskesmas yang ada dibantu aparat Polsek Kemuning dari jajaran Bhabinkamtibmas, dan Kodim 0418/Palembang melalui personel Babinsa.

Faizal juga mengajak seluruh masyarakat kota Palembang, yang berusia di atas 12 tahun tapi belum divaksin untuk segera mendafatarkan diri. “Ikutilah vaksin ini. Jangan takut, karena ini adalah ikhtiar dan upaya kita sendiri. Virus Covid-19 ini belum hilang, namun setidaknya kita sudah berusaha untuk melakukan pencegahan agar terhindar dari virus ini,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Camat Kemuning, M. Irman S.Stp M.Si, mengatakan sesungguhnya di wilayahnya sendiri (Kecamatan Kemuning-res) telah memulai kegiatan vaksinasi massal sejak Jumat lalu. “Inshaa Allah pada hari ini kita targetkan mencapai 1.500 vaksin terhitung sejak pertama pelaksanaan,” ungkapnya.

Irman juga menyampaikan, pihaknya juga masih akan terus melakukan sosialisasi kepada warga dengan cara menyisir setiap Kelurahan hingga RT melalui dengan melibat unsur TNI dan Polri.

“Di situ kita akan mengajak dan mengedukasi setiap warga untuk divaksin, mulai dari umur 12 tahun keatas. Jadi memang peran aktif ketua RT dan RW juga di sini harus berkontribusi untuk betul-betul melakukan pendataan setiap warganya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kemuning AKP Heri SH MH menyampaikan, dari personel Bhabinkamtibmas saat ini sudah turun langsung bersama Lurah dan RT guna mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi. “Jangan sampai warga itu takut untuk melakukan vaksin. Jadi, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan RT sengaja memberikan edukasi kepada warga bahwa vaksin ini tidak berbahaya,” ucapnya.

AKP Heri juga nampak memberikan apresiasi terhadap antusias warga masyarakat, khususnya warga Kecamatan Kemuning. “Alhamdulillah antusias masyarakat sangat baik menyambut kegiatan vaksinasi ini,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal tersebut, pihak penyelenggara juga menjaga ketat antrian masyarakat agar tidak terjadi kerumunan. Warga yang hadir juga diminta mematuhi protokol kesehatan, seperti mamakai masker dan mencuci tangan. (dm)

Penulis : Dahri Maulana

Bagikan :

Posting Terkait