Sejumlah pelajar salah satu SMP di Palembang, mengikuti vaksinasi di sekolah mereka. (f.sit)

PALEMBANG | Populinews.com – Menyusulnya kebijakan pemerintah memperbolehkan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, Pemerintah Kota Palembang, hingga kini belum menerapkan kebijakan tersebut, karena masih menunggu petunjuk teknis.

Ini merupakan bagian dari manajemen resiko yang harus diperjelas. Karena itu petunjuk teknis pelaksanaannya harus kita ketahui terlebih dahulu. Termasuk regulasinya” ujar Seketaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, kepada wartawan di Palembang, Jumat (05/11/2021).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun. Artinya, mulai siswa Sekolah Dasar (SD) sudah bisa untuk melakukan vaksinasi jenis Sinovac.

“Ya, kita sudah dengar kalau pemerintah memperbolehkan vaksin bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Tapi, itu kan belum ada (petunjuk) teknisnya bagaimana. Kita masih menunggu ini. Jika sudah ada petunjuk teknis atau regulasinya, maka tentunya pemerintah kota Palembang akan menindaklanjuti hal tersebut,” tegas Ratu Dewa.

Ia juga mengatakan, jika sudah ada Juknisnya langkahnya selanjutnya adalah segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Apalagi ini kebijakan baru, masyarakat mungkin masih banyak ragu dan khawatir, karena yang disuntik vaksin adalah kelompk anak-anak.

”Setelah sosialisasi dilakukan, baru vaksinasi anak-anak ini kita jalankan. Artinya kan usia 6 tahun ini usia anak sekolah dasar atau SD jadi memang cukup banyak sasarannya yang ada di kota Palembang,” jelas Dewa. menambahkan.

Dewa juga menambahkan, saat ini Pemkot Palembang juga terus mempercepat vaksinasi bagi pelajar atau remaja di atas 12 tahun. Caranya dengan memperbanyak sentra-sentra vaksin. Antara lain di sekolah-sekolah, terutama tingkat SMP dan SMA.

Mengenai respon dari para pelajar, menurut Dewa, ternyata cukup tinggi. Hapir semua sekolah yang melaksanakan vaksinasi, tidak ada siswa – siswi yang menolak.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Mirza Susanty, Kamis (4/11/2021), mengatakan dengan animo yang tinggi dari kalangan pelajar ini, setidaknya akan memudahkan pencapaian target vaksinasi yang telah ditetapkan.

Dia menyebutkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palembang per 4 November 2021, capaian vaksinasi scara kesleuruhan di Kota Palembang sudah mencapai 67,43 persen.

Namun untuk vaksin remaja usia 12 tahun ke atas, capaiannya masih kecil yakni baru 9 persen untuk dosis 1 dan 8 persen untuk dosis 2. Sasaran total ditargetkan sebanyak 151.788 remaja. (dm)

Penulis : Dahri Maulana