Seorang pedagang pasar Satelit Sako Palembang disuntik vaksin. (f/dahri maulana)

PALEMBANG | Populinews.com – Program Keroyok Vaksinasi Pemkot Palembang, yang digelar di Kelurahan Sialang, Kecamatan Sako Palembang, Sabtu, (13/11), disambut antusias masyarakat, terutama para pedagang Pasar Satelit. Dari 500 warga yang ditargetkan, ternyata terealisir hingga 700 orang lebih, karena hampir semua pedagang di pasar tradisonal tersebut, yang tadinya enggan, akhirnya ikut mendaftar sebagai peserta.

Pelaksanaan Keroyok Vaksinasi, yang dipusatkan di halaman Masjid Irhamna, Jalan Kampar, Kelurahan Sialang, ini juga dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah kota Palembang, (Sekda) Ratu Dewa, didampingi Danramil, Kapolsek dan unsur kecamatan setempat.

”Seperti juga di tempat-tempat lain, hari ini kita melakukan monitoring bagimana pelaksanaan vaksinasi bagi para pedagang pasar Satelit Sako ini. Ternyata antusiasnya luar biasa, bahkan menurut laporan panit atadi, jumlah peserta terdaftar hampir 700 orang, lebih dari target 500 orang,” ujar Ratu Dewa ketika memberikan sambutan di sela pelaksanaan vaksinasi.

Sekda juga memyebutkan, sukses vaksinasi ini tidak terlepas dari peran semua pihak yang bekerjasama dengan tim satgas Keroyok vaksin yang terdiri Kecamatan, Polsek dan Koramil Sako. ”Semua sudah bekerja maksimal guna mempercepat proses jalannya vaksinasi ini,” ujarnya.

Disebutkan program Keroyok Vaksin ini merupakan upaya pencapaian 100 persen vaksin di kalangan masyarakat kota Palembang, sehingga tercipta herd imunity yang merata.

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa (berbatik) ketika meninjuau pelaksanaan vaksinasi di Pasar Satelit Sako Palembang. (f/ist)

Selain itu, jelas Ratu Dewa, fungsi dari kegiatan ini tidak lain untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di wilayah pasar, sehingga aktivitas transaksi jual beli bisa berjalan dengan nyaman.

“Untuk di pasar lain, penyelenggaraanya sendiri itu tergantung dari kesiapan wilayah masing-masing yaitu Camat, Polsek dan Koramil setempat,” jelas Sekda.

Di tempat yang sama, Camat Sako Amirudin Sandy menambahkan, semua pedagang di Pasar Sako ini memang wajib mengikuti vaksin yang telah diselenggarakan dari Tim Satgas Keroyok vaksin kecamatan.

”Sebab, berdasarkan data yang telah dihimpun, ternyata lebih dari 50 persen pedagang pasar Sako ini belum menjalani vaksin. Maka dari itu proses pelaksanaan kegiatan ini harus selesai menjalani vaksin,” ucapnya. (dm)

Penulis : Dahri Maulana